Pengembangan panduan pelatihan teknik klarifikasi nilai menggunakan media publikasi elektronik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Malang / Maratus Soliha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan teknik klarifikasi nilai menggunakan media publikasi elektronik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Malang / Maratus Soliha

Soliha, Maratus (2022) Pengembangan panduan pelatihan teknik klarifikasi nilai menggunakan media publikasi elektronik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Malang / Maratus Soliha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 mengakibatkan banyak perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan. Terdapat 37% peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah selama pandemi covid-19 hal ini disebabkan karena sistem pembelajaran yang berlangsung daring namun saat ini pandemi mulai beralih menjadi endemi. Peserta didik perlu menyesuaikan kembali terkait pembelajaran luring sehingga perlu adanya layanan bimbingan dan konseling yang membantu peserta didik dalam meningkatkan kembali motivasi belajar yang dimiliki untuk menghadapi masa transisi dari pembelajaran daring ke luring. Pada masa transisi Layanan yang diberikan kepada peserta didik menggunakan value clarification technique dimana model layanan tersebut memberikan layanan afektif yang membantu peserta didik dalam menemukan dan menanamkan nilai baik untuk meningkatkan motivasi belajar yang dimiliki. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Malang. Panduan pelatihan value clarification technique yang dikembangkan menggunakan media electronic publication (EPUB) yang memudahkan konselor dalam mengakses karena dapat menyesuaikan dengan perangkat dan mendukung audio dan video. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu Research and Development yang dikembangkan oleh Borg dan Gall (1983) yang memiliki sepuluh langkah dari langkah-langkah tersebut penelitian ini dilaksanakan hingga langkah kelima yaitu langkah uji lapangan terbatas dan modifikasi menjadi tiga tahap 1) tahap perencanaan 2) tahap pengembangan produk dan 3) tahap uji coba produk. Subjek dari penelitian ini adalah ahli bimbingan dan konseling ahli materi ahli media dan calon pengguna produk dan masing masing dua ahli dan dua calon pengguna. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrumen penilaian produk yang menilai aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Terdapat dua jenis data yaitu data numerik yang dianalisis menggunakan inter-rater agreement model Gregory (2015) dan data verbal yang digunakan sebagai acuan proses revisi produk. Hasil produk yang dihasilkan adalah panduan pelatihan teknik klarifikasi nilai berbentuk publikasi elektronik untuk meningkatkan motivasi belajar SMAN 1 Malang. Pengembangan produk menghasilkan panduan yang tersusun empat bab yaitu 1) bab I pendahuluan 2) bab II petunjuk umum dan khusus panduan 3) bab III prosedur pelaksanaan 4) bab IV evaluasi. penilaian ahli bimbingan dan konseling mendapatkan indeks kesepakatan rater 1. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan indeks kesepakatan rater 1. Hasil penilaian ahli media mendapatkan indeks kesepakatan rater 1. Hasil penilaian calon pengguna produk mendapatkan indeks kesepakatan rater 1. Berdasarkan kriteria Indeks kesepakatan rater menurut Aiken (1985) nilai 1 mendapatkan kategori sangat layak dan memenui kriteria keberterimaan. Pada data verbal mendapatkan masukan terkait tahapan kegiatan kesesuaian kepenulisan kerapian tampilan dan desain produk. Saran yang diberikan untuk pemanfaatan pandauan pelatihan teknik klarifikasi nilai ini adalah konselor diharapkan mempelajari memahami dan mengimplementasikan value clarification technique pada kegiatan bimbingan dan konseling lainnya. Sementara itu saran untuk peneliti selanjutnya ialah produk hasil penelitian ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan value clarification technique menggunakan media electronic publication untuk meningkatkan morivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263468

Actions (login required)

View Item View Item