Studi kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon konselor departemen bimbingan dan konseling Universitas Negeri Malang / Baiq Nyi Diah Ridawan Husna Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon konselor departemen bimbingan dan konseling Universitas Negeri Malang / Baiq Nyi Diah Ridawan Husna Ningrum

Ningrum, Baiq Nyi Diah Ridawan Husna (2022) Studi kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon konselor departemen bimbingan dan konseling Universitas Negeri Malang / Baiq Nyi Diah Ridawan Husna Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan salah satu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasai oleh konselor maupun calon konselor dalam mengintegrasikan teknologi yang tepat untuk mencapai tujuan layanan bimbingan tertentu berdasarkan pedagogis tertentu. Pengetahuan ini mengintegrasikan 3 komponen utama diantaranya TK PK dan CK yang kemudian menghasilkan 4 pengetahuan baru yaitu TPK TCK PCK dan TPACK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon konselor Departemen Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan tipe studi Deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 4 mahasiswa Departemen Bimbingan dan Konseling yang sedang memprogramkan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Pemilihan subjek penelitian menggunakan purpose sampling dengan kriteria mahasiswa tersebut telah menyelesaikan mata kuliah wajib pada pendidikan pra jabatan. Proses analisis data menggunakan model Miles amp Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trigulasi sumber data teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi TPACK mahasiswa calon konselor Departemen Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang yang sedang memprogramkan kegiatan PLP dalam kategori baik. Dapat dilihat dari ke-7 komponen kompetensi TPACK menunjukan bahwa (1) Kemampuan TK mahasiswa calon konselor mampu mengintegrasikan teknologi digital memanfaatkan software dan hardware teknologi digital mengatasi permasalahan teknis teknologi serta memanfaatkan internet untuk mendukung proses layanan bimbingan di kelas. (2) Kemampuan PK mampu mengelola kelas dengan baik memberikan penilaian terhadap proses dan hasil layanan bimbingan serta mengembangkan RPLBK. (3) Kemampuan CK mahasiswa menguasai materi yang akan disampaikan dengan baik. (4) Kemampuan TPK teknologi dapat mengubah cara mahasiswa calon konselor memberikan layanan bimbingan yang baru. (5) Kemampuan TCK mampu merancang media layanan dengan mengintegrasikan teknologi. (6) Kemampuan PCK mampu menerapkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses layanan bimbingan. Dan (7) Kemampuan TPACK mampu mengintegrasikan teknologi aspek pedagogis dan konten dalam proses layanan bimbingan. Dari penelitian ini saran yang digunakan antara lain bagi mahasiswa calon konselor diharapkan dapat lebih menguasai kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk pencapaian layanan bimbingan efesien dan efektif. Untuk dosen Departemen Bimbingan dan Konseling pada pendidikan pra jabatan hendaknya dapat mengimplementasikan kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada materi perkuliahan. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan riset tetap di mahasiswa Bimbingan dan Konseling terkait kompetensi mengintegrasikan TPACK dalam kegiatan perkuliahan atau praktik layanan di luar pendidikan pra jabatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263467

Actions (login required)

View Item View Item