Hubungan antara tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar siswa kelas viii mts Negeri 1 Kota Malang / Umi Yulianti Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar siswa kelas viii mts Negeri 1 Kota Malang / Umi Yulianti Ningrum

Ningrum, Umi Yulianti (2022) Hubungan antara tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar siswa kelas viii mts Negeri 1 Kota Malang / Umi Yulianti Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kedisiplinan merupakan suatu sikap perbuatan untuk selalu menaati tata tertib Anoraga (2009). Disiplin juga diartikan sebagai ketaatan dan kepatuhan siswa dalam melaksanakan aturan-aturan yang berlaku dalam lingkungan sekolah secara konsisten dan bersungguh-sungguh untuk kelancaran proses belajar mengajar. Disiplin belajar siswa adalah satu kunci yang dapat mewujudkan suasana belajar menjadi kondusif dan optimal. Kedisiplinan belajar siswa dalam penelitian ini dilihat dari faktor tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik. Keduanya merupakan faktor internal individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tanggung jawab akademik dengan kedisiplinan belajar hubungan antara resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar hubungan tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik secara stimultan dengan kedisiplinan belajar serta kontribusi tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Malang. Populasi pada penelitian ini yaitu 384 siswa. Pengambilan sampel berpedoman pada berpedoman pada rumus Slovin. Sampel pada penelitian ini sejumlah 80 siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik simple random sampling. Instrumen penelitian diukur dengan skala tanggung jawab akademik skala resiliensi akademik dan skala kedisiplinan belajar. Peneliti menggunakan skala likert 4 pilihan (Sangat Setuju Setuju Tidak Setuju Sangat Tidak Setuju). Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkanadanya hubungan positif yang signifikan antara tanggung jawab akademik dengan kedisiplinan belajar hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t test dengan nilai sig. 0 000 lt 0 05 dan nilai thitung 7 418 gt ttabel 1 664. Sedangkan berdasarkan hasil uji t-test pada hubungan resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar didapatkan hasil sig. 0 378 gt 0 05 dan nilai thitung 0 089 lt 1 664 sehingga dapat diartikan bahwa tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar. Selain itu berdasarkan hasil uji F yang telah dilakukan diperoleh nilai sig. 0 000 lt 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan secara stimultan antara tanggung jawab akademik (X1) dan resiliensi akademik (X2) dengan kedisiplinan belajar (Y). Dengan demikian dapat diartikan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Malang. Sumbangan efektif yang diberikan pada variabel tanggung jawab akademik (X1) sebesar 60 6% dan variabel resiliensi akademik sebesar 5 9%. Disimpulkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara tanggung jawab akademik dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Malang. Selanjutnya tidak ada hubungan antara resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Malang. Adanya hubungan antara tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik secara stimultan dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Malang. Serta adanya kontribusi efektif tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar siswa MTs Negeri 1 Kota Malang. Saran yang dapat diberikan berdasarkan temuan hasil penelitian hubungan antara tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik dengan kedisiplinan belajar yaitu (1) Bagi konselor peningkatan kedisiplinan belajar dengan meningkatkan tanggung jawab akademik dan resiliensi akademik terutama tanggung jawab akademik yang memberikan kontribusi efektif lebih tinggi. (2) Bagi peneliti selanjutnya perlu meneliti kedisiplinan belajar dengan melibatkan variabel independen yang lebih banyak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263464

Actions (login required)

View Item View Item