Hubungan antara dukungan keluarga dan academic burnout dengan motivasi belajar di masa pandemi pada siswa SMKN 6 Malang / Noferica Dian Mandasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara dukungan keluarga dan academic burnout dengan motivasi belajar di masa pandemi pada siswa SMKN 6 Malang / Noferica Dian Mandasari

Mandasari, Noferica Dian (2022) Hubungan antara dukungan keluarga dan academic burnout dengan motivasi belajar di masa pandemi pada siswa SMKN 6 Malang / Noferica Dian Mandasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Problematika yang muncul pada dunia pendidikan saat ini yaitu perubahan sistem pendidikan dan memunculkan masalah motivasi belajar siswa yang semakin menurun. Motivasi belajar merupakan dorongan yang ada dalam individu untuk belajar dan mencapai cita-cita serta tujuan yang diinginkan. Situasi baru seperti pembelajaran yang sebagian besar dilakukan di rumah dengan kondisi atau situasi lingkungan yang berbeda ditambah perubahan kegiatan yang biasanya dilakukan diluar sekarang dibatasi. Situasi dan kondisi keluarga sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa jika situasi dan kondisi keluarga sebagai tempat belajar kurang kondusif dapat menimbulkan kejenuhan dan kelelahan atau disebut academic burnout. Hal tersebut dapat menurunkan motivasi belajar siswa dirumah saat pembelajaran daring yang dapat berdampak pada hasil belajar siswa yang menurun. Permasalahan tersebut dialami semua siswa dengan kejenuhan pembelajaran saat ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan academic burnout dengan motivasi belajar siswa SMKN 6 Malang di masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah berjumlah 1.707 siswa SMKN 6 Malang pemilihan ini berdasarkan adanya keterkaitan dengan variabel yang diteliti. Penarikan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 280 sampel. Penelitian ini peneliti menggunakan skala psikologis yaitu skala dukungan keluarga skala academic burnout dan skala motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif analisis statistik dan analisis korelasional (multikorelasi). Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dan academic burnout dengan motivasi belajar di masa pandemi siswa SMKN 6 Malang. Hasil yang didapatkan menunjukan nilai R 0 604 dan sig.f change yaitu 0 000 lt 0 05 yang berarti bahwa H1 diterima yang berarti terdapat hubungan antara dukungan keluarga dan academic burnout dengan motivasi belajar siswa SMKN 6 Malang di masa pandemi. Tingkat dukungan keluarga dan academic burnout yang dialami oleh siswa sangat berpengaruh dengan motivasi belajar siswa selama masa pandemi. Terlebih siswa selama masa pandemi melaksanakan pembelajaran daring yang dilakukan dirumah sehingga kondisi lingkungan sosial dalam artian keluarga sangat berpengaruh terhadap kondisi belajar siswa yang tidak menutup kemungkinan mengalami kelelahan belajar atau academic burnout . Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan bahwa antara ketiga variabel dukungan keluarga academic burnout dan motivasi belajar terdapat hubungan yang saling mempengaruhi siswa SMKN 6 Malang dan termasuk dalam kategori kuat. Antara dukungan keluarga academic burnout dan motivasi belajar saling mempengaruhi satu sama lain yang dapat menaikan motivasi belajar atau bahkan menurunkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran di masa pandemi. Ada beberapa saran yang disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini. Pertama untuk konselor sekolah yaitu berdasarkan hasil yang didapat dapat membantu konselor untuk memberikan layanan bimbingan konseling berkenaan dengan dukungan keluarga academic burnout dan motivasi belajar siswa selama pembelajaran di masa pandemi dan pasca pandemi. Kedua untuk peneliti selanjutnya hendaknya dapat memperluas subjek penelitian mengenai penelitian dukungan keluarga academic burnout dan motivasi belajar dan dapat digeneralisasikan untuk siswa SMK lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263463

Actions (login required)

View Item View Item