Hubungan antara kontrol diri dan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada siswa SMP / Rina Uswatul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kontrol diri dan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada siswa SMP / Rina Uswatul Khasanah

Khasanah, Rina Uswatul (2022) Hubungan antara kontrol diri dan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada siswa SMP / Rina Uswatul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kegiatan siswa lainnya juga terarah kepada gawai/ komputer termasuk mencari hiburan salah satunya adalah bermain game online. Arsy (2019) memaparkan data jumlah pemain game online berdasarkan usia yakni usia 50 tahun sebesar 26%. Dalam hal ini usia Game online memberikan dampak positif dan negatif adapun dampak negatifnya adalah timbulnya perilaku agresif. Hasil wawancara dengan guru BK mayoritas siswa SMP Laboratorium UM bermain game online. Terdapat siswa yang mengatakan ldquo anjing rdquo ldquo bangsat rdquo dan ldquo asu rdquo ketika bermain game online. Dr.Siste (Ansori 2021) menjelaskan bahwa individu yang mengalami kecanduan game online mengalami gangguan pada otak yang berfungsi untuk mengendalikan perilaku. Aulia (2014) mengatakan bahwa kontrol diri merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi perilaku agresif. Febriyanti (2016) mengemukakan bahwa individu yang berperilaku agresif karena memiliki kontrol diri yang rendah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kontrol diri kecanduan game online dan perilaku agresif siswa SMP. Untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan kecanduan game online dengan perilaku agresif. Mencari tahu hubungan kontrol diri dengan perilaku agresif. Serta mencari tahu hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa SMP Laboratorium UM. Sampel diambil menggunakan teknik proportional random sampling sejumlah 64 siswa. Variabel yang diteliti diukur menggunakan skala kontrol diri skala kecanduan game online dan skala perilaku agresif. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif analisis korelasi Pearson dan regresi ganda. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas siswa SMP Laboratorium memiliki kontrol diri kecanduan game online dan perilaku agresif pada tingkat sedang. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara kontrol diri dengan perilaku agresif pada siswa SMP dengan nilai r (-0.308) dan nilai signifikansi (0.013 lt 0.05) hasil analisis regresi dengan signifikansi (0.042 lt 0.05). Tidak terdapat hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku agresif pada siswa SMP dengan nilai r (0.186) dan nilai signifikansi (0.141 gt 0.05) hasil analisis regresi memiliki signifikansi (0.619 gt 0.05). Terdapat hubungan antara kontrol diri dan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada siswa SMP dengan nilai signifikansi F change (0.042 gt 0.05) nilai R (0.314) dan R square 0.098 atau 9.8%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa (1) mayoritas siswa SMP Laboratorium UM memiliki kontrol diri kecanduan game online dan perilaku agresif pada tingkat sedang (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku agresif pada siswa SMP Laboratorium UM artinya semakin tinggi tingkat kontrol diri siswa semakin rendah tingkat perilaku agresif siswa dan sebaliknya (3) tidak terdapat hubungan yang signifkan antara kecanduan game online dengan perilaku agresif pada siswa SMP Labortorium UM artinya kecanduan game online bukanlah faktor yang dapat menyebabkan tinggi rendahnya perilaku agresif (4) terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan dan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada siswa SMP Laboratorium UM artinya kontrol diri dan kecanduan game online secara bersama-sama memiliki kontribusi dalam terbentuknya perilaku agresif siswa. Adapun hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan oleh peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih lanjut terkait faktor lain yang lebih kuat dalam mempengaruhi perilaku agresif. Selain itu guru BK dapat memberikan layanan dengan topik ldquo tips atau cara mencegah perilaku agresif dengan cara meningkatkan kontrol diri rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263459

Actions (login required)

View Item View Item