Pengaruh konseling kelompok ringkas berfokus solusi terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 6 Malang / Andika Yuda Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konseling kelompok ringkas berfokus solusi terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 6 Malang / Andika Yuda Wardana

Wardana, Andika Yuda (2022) Pengaruh konseling kelompok ringkas berfokus solusi terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 6 Malang / Andika Yuda Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wardana Andika Yuda. 2022. Pengaruh Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Diniy Hidayatur Rahman S.Pd. M.Pd (II) Widya Multisari S.Pd. M.Pd. Prokrastinasi akademik merupakan salah satu masalah serius yang banyak terjadi di kalangan siswa. Faktor penyebab prokrastinasi akademik berasal dari dalam diri dan luar diri siswa. Prokrastinasi akademik yang dialami siswa akan berdampak pada kewajiban belajar yang tidak terpenuhi. Sebagai bagian integral dalam sistem pendidikan di Indonesia bimbingan dan konseling memiliki peran penting untuk mampu menurunkan tingkat prokrastinasi akademik yang dialami oleh siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh konseling kelompok ringkas berfokus solusi terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 6 Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan pretest posttest control group design. Konseling kelompok ringkas berfokus solusi digunakan untuk memberikan treatment terhadap prokrastinasi akademik pada kelompok eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang yang berjumlah 240 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa yang memiliki skor prokrastinasi akademik kategori tinggi. Siswa yang menjadi sampel penelitian dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik. Hasil uji validitas terhadap 24 item pernyataan menggunakan Product Moment menunjukkan bahwa terdapat 18 item pernyataan valid. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menunjukkan nilai 0.881 yang berarti instrumen penelitian reliabel. Uji Mann-Whitney digunakan untuk membandingkan pengaruh treatment konseling kelompok ringkas berfokus solusi yang diberikan pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang berada pada kategori tinggi 15% sedang 64% dan rendah 21%. Anggota kelompok yang berada pada kelompok eksperimen mengalami penurunan tingkat prokrastinasi akademik dari kategori tinggi menjadi sedang. Selain itu tiga anggota kelompok kontrol tetap berada pada kategori prokrastinasi akademik tinggi dan satu anggota kelompok mengalami penurunan pada kategori sedang. Berdasarkan uji analisis data menggunakan Mann Whitney Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0.02 lt 0.05 artinya hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan anggota kelompok eksperimen mengalami penurunan tingkat prokrastinasi akademik. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok ringkas berfokus solusi berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VII SMP Negeri 6 vi Malang. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) Bagi konselor hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman memberikan layanan konseling yang bisa diberikan kepada siswa terhadap tingkat prokrastinasi akademik siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan memberikan treatment pada kelompok kontrol. Selanjutnya pengambilan sampel penelitian diharapkan lebih heterogen yang tidak hanya menggunakan siswa kelas VII sebagai populasi penelitian supaya generalisasi penelitian lebih luas. Selain itu pemberian treatment hendaknya dapat dilakukan satu sesi dalam satu minggu supaya siswa terbiasa dalam melaksanakan solusi yang dibuat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 30 Mar 2023 07:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263455

Actions (login required)

View Item View Item