Pengembangan media informasi studi lanjut berbasis blog bagi siswa SMAN 5 Malang / Vira Sholihatin Nisaa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media informasi studi lanjut berbasis blog bagi siswa SMAN 5 Malang / Vira Sholihatin Nisaa

Nisaa, Vira Sholihatin (2022) Pengembangan media informasi studi lanjut berbasis blog bagi siswa SMAN 5 Malang / Vira Sholihatin Nisaa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Layanan informasi studi lanjut adalah suatu bentuk layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh konselor kepada peserta didik sebagai upaya memfasilitasi dan memberi pemahaman mengenai kelanjutan studi di perguruan tinggi setelah tamatan SMA. Informasi studi lanjut berkaitan dengan standar kemandirian siswa SMA dalam SKKPD pada aspek wawasan dan kesiapan karier. Pelaksanaan layanan informasi studi lanjut di SMAN 5 Malang masih belum dilaksanakan secara merata dan hanya sebatas pemberian layanan kepada siswa kelas XII. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan media informasi studi lanjut berbasis blog bagi siswa SMAN 5 Malang yang memenuhi kriteria akseptabilitas yaitu ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983). Produk yang dikembangkan berupa media blog tentang studi lanjut dan buku panduan penggunaan media blog. Prosedur penelitian menggunakan 5 tahap yaitu (1) tahap pengumpulan data (2) tahap perencanaan (3) tahap mendesain produk media blog dan buku panduan penggunaan (4) tahap uji produk merupakan penilaian oleh ahli materi ahli media dan calon pengguna yaitu konselor atau guru BK SMAN 5 Malang (5) tahap revisi atau perbaikan produk sebagai produk akhir. Subyek uji validasi dalam penelitian adalah ahli materi ahli media dan konselor SMAN 5 Malang sebagai calon pengguna. Analisis data kuantitatif pada penelitian menggunakan analisis metode presentase kelayakan untuk data ahli materi dan ahli media serta menggunakan rumus inter-rater agreement model pada hasil uji calon pengguna. Data deskriptif berupa hasil pemberian saran dan masukan oleh ahli materi ahli media dan calon pengguna produk dalam lembar saran perbaikan. Hasil dari penilaian terhadap produk yang dikembangkan berupa media blog memperoleh presentase akseptabilitas materi dengan presentase ketepatan 96 5% kegunaan 85% kemenarikan 85% kemudahan 80%. Produk buku panduan memperoleh presentase akseptabilitas materi dengan presentase ketepatan 81 25% kegunaan 85% kemenarikan 83% kemudahan 95%. Akseptabilitas dari validasi media berupa media blog memperoleh presentase ketepatan 93% kegunaan 95 83% kemenarikan 97 2% kemudahan 100%. Produk buku panduan memperoleh presentase akseptabilitas media dengan presentase ketepatan 95% kegunaan 91 67% kemenarikan 91 67% kemudahan 92 85%. Akseptabilitas dari validasi uji coba calon pengguna menggunakan inter-rater agreement dengan hasil penilaian produk media blog yaitu 1 yang tergolong dalam klasifikasi validitas sangat tepat dan layak untuk digunakan dengan keterangan tidak perlu revisi. Hasil penilaian produk buku panduan penggunaan media yaitu 1 yang tergolong dalam klasifikasi validitas sangat tepat dan layak untuk digunakan dengan keterangan tidak perlu revisi. Saran peneliti dalam pengembangan media informasi studi lanjut berbasis blog bagi guru bimbingan dan konseling yaitu diharapkan guru BK dapat terus mengikuti informasi terbaru mengenai kelanjutan studi bagi siswa SMA dan siswa diharapkan dapat memanfaatkan secara mandiri dengan baik media blog yang telah dikembangkan oleh peneliti sehingga siswa mampu memperoleh informasi tentang informasi studi lanjut. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan produk media layanan informasi studi lanjut yang disesuaikan dengan perkembangan infromasi terbaru dan media yang lebih menarik serta dapat menguji keefektifan media blog sebagai media layanan informasi studi lanjut bagi siswa SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263454

Actions (login required)

View Item View Item