Hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 9 Malang / Dewi Sartika Permata Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 9 Malang / Dewi Sartika Permata Sari

Sari, Dewi Sartika Permata (2022) Hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 9 Malang / Dewi Sartika Permata Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pencapaian prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya faktor eksternal yakni disiplin belajar. Siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi mampu menumbuhkan sikap tanggung jawab kesadaran mempunyai tujuan dalam belajar dan manajemen diri yang baik serta membentuk karakter pada diri siswa sejak dini dalam aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar di SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif correlational study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang dengan jumlah 399 siswa. Jumlah sampel diambil 20% dari jumlah populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 80 responden menggunakan teknik simple random sampling. Nilai validitas dalam penelitian ini sebesar 0 361. Metode pengumpulan data menggunakan skala disiplin belajar dan dokumentasi hasil belajar. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar instrumen penelitian melalui google form. Uji validitas menggunakan korelasi product moment Pearson sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach rsquo s alpha diperoleh nilai p 0 846 pada variabel disiplin belajar. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan korelasi pearson. Hasil analisis deskriptif mengonfirmasi bahwa disiplin belajar di SMA Negeri 9 Malang termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata sebesar 149 17 dan persentase 58 75% atau sebanyak 47 responden. Prestasi belajar di SMA Negeri Malang termasuk dalam kategori sedang dan persentase 68 75%. Atau sebanyak 55 responden. Selanjutnya hasil uji korelasi mengonfirmasi bahwa disiplin belajar berhubungan secara signifikan dengan prestasi belajar dengan nilai r 0 738 atau kategori kuat dan nilai signifikasi sebesar 0 000 lt 0 05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 9 Malang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan hasilnya menunjukkan bahwa tingkat disiplin belajar di SMA Negeri 9 Malang pada tingkat sedang tingkat prestasi belajar di SMA Negeri 9 Malang pada tingkat sedang dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 9 Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan sebagai berikut (1) hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi guru BK untuk menyusun program layanan Bimbingan dan Konseling terkait bidang belajar khususnya meningkatkan disiplin belajar sebagai upaya pencapaian prestasi belajar siswa yang baik Guru BK dapat memberikan layanan pada bidang pribadi sosial dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal maupun bimbingan kelompok sebagai upaya menghindarkan siswa dari perilaku menyimpang yang tidak diharapkan muncul. Guru BK juga dapat bekerjasama dengan guru mata pelajaran dan orang tua dalam upaya meningkatkan disiplin belajar siswa dan pencapaian prestasi belajar yang baik. (2) hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian eksperimen terkait pengaruh disiplin belajar dengan prestasi belajar. Untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen serta dapat menjangkau penelitian yang luas dan menyeruh. Selanjutnya dapat melakukan penelitian di seluruh sekolah SMA sekota Malang dan seluruh jenjang kelas di SMA. Selain itu informasi hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan panduan peningkatan atau perbaikan disiplin belajar siswa SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Jan 2023 03:51
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263452

Actions (login required)

View Item View Item