Persepsi siswa terhadap penggunaan instagram sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling di SMP Negeri 9 Malang / Melia Fitri Andani - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap penggunaan instagram sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling di SMP Negeri 9 Malang / Melia Fitri Andani

Andani, Melia Fitri (2022) Persepsi siswa terhadap penggunaan instagram sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling di SMP Negeri 9 Malang / Melia Fitri Andani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Instagram merupakan teknologi informasi yang dimanfaatkan sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling selama masa pandemi covid-19. Instagram salah satu media platform teknologi informasi dengan tingkat kepopuleran yang tinggi. Salah satu faktor meningkatnya pengguna instagram yakni adanya covid-19. Dampak lain pandemi covid-19 dalam dunia pendidikan yakni ditiadakannya jam masuk kelas untuk bimbingan dan konseling. Faktor tersebut memberikan dorongan bagi konselor untuk meningkatkan pemanfaatan media teknologi informasi instagram sebagai media dalam melaksanakan layanan informasi bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan instagram sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi fenomenologi. Prosedur pengumpulan data melalui teknik wawancara terstruktur observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 3 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan snowball sampling dengan menerapkan beberapa kriteria. Kriteria subjek yakni siswa SMP Negeri 9 Malang memiliki akun instagram mengikuti akun instagram BK SMP Negeri 9 Malang dan aktif menyukai unggahan akun instagram BK SMP Negeri 9 Malang. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahapan penelitian meliputi tahap pra lapangan pekerjaan lapangan dan tanap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan instagram sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling dilihat dari komponen kognitif konatif dan afektif. Komponen kognitif meliputi siswa sangat mengetahui instagram dan layanan informasi serta pendapat positif instagram untuk keperluan sekolah sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling. Komponen konatif siswa sering mengakses instagram dan instagram BK. Komponen afektif meliputi latar belakang mengikuti instagram BK untuk memenuhi kebutuhan dan senang menerima layanan informasi melalui instagram. Kesimpulan penelitian ialah siswa mempersepsikan penggunaan instagram sebagai media layanan informasi bimbingan dan konseling dalam persepsi positif. Saran untuk konselor diharapkan mempelajari bagaimana membuat unggahan instagram yang bervariasi serta melaksanakan sosialisasi kepada siswa terkait adanya instagram BK sekolah. Peneliti selanjutnya diharapkan melanjutkan dengan eksperimen serta pengembangan untuk mengetahui keefektifan layanan informasi melalui instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263451

Actions (login required)

View Item View Item