Anzhani, Validya Alfira (2022) Kontribusi kebiasaan belajar dan dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Brawijaya Smart Schooll Kota Malang / Validya Alfira Anzhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses belajar yang baik dapat tercapai melalui penguasaan metode teknik serta cara belajar yang efisien yang dilakukan secara rutin agar menjadi kebiasaan (Gie 1985). Pada situasi tertentu remaja kerap mengalami kesulitan seperti malas belajar belajar hanya saat ulangan serta hanya belajar di malam hari. Kesulitan dalam proses belajar apabila tidak segera diatasi akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal yang berupa kebiasaan belajar dan faktor eksternal yang berupa dukungan sosial orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kebiasaan belajar dan dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksplanasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII di SMP BSS sebanyak 153 siswa dengan jumlah sampel 111 siswa dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling yang dilakukan secara acak. Untuk mengukur variabel bebas maka dua diantaranya diukur menggunakan skala yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan pada variabel terikat dengan dokumentasi hasil belajar diukur dari rata-rata nilai rapor. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kebiasaan belajar berada pada kategori sedang (72.1%) variabel dukungan sosial orang tua berada pada ketegori sedang (69.4%) serta variabel prestasi belajar pada kategori sedang (64.9%). Hasil uji t regresi linier berganda terdapat kontribusi antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi (0.10 lt 0.05) (H1 diterima). Kemudian tidak terdapat kontribusi antara dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi (0.834 gt 0.05) (H2 ditolak). Selanjutnya untuk hasil dari uji F regresi linier ganda memperoleh hasil bahwa terdapat kontribusi antara kebiasaan belajar dan dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi (0.026 lt 0.05) (H3 diterima). Berdasarkan pada penelitian tersebut maka sebagai konselor dapat memberikan informasi mengenai kebiasaan belajar yang baik pada siswa melalui layanan bimbingan klasikal. Kemudian konselor dapat melakukan tindak lanjut dengan memberikan konseling pada siswa yang memiliki kebiasaan belajar dukungan sosial orang tua maupun prestasi belajar yang rendah. Diharapkan penelitian ini digunakan sebagai acuan untuk mencari faktor yang lebih kuat dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:11 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |