Kontribusi motivasi belajar dan regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Ajeng Tri Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi motivasi belajar dan regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Ajeng Tri Rahmawati

Rahmawati, Ajeng Tri (2022) Kontribusi motivasi belajar dan regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Ajeng Tri Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku menunda dalam mengerjakan tugas merupakan fenomena yang banyak dijumpai di kalangan siswa. Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan perilaku untuk melakukan penundaan yang dilakukan oleh individu secara berulang-ulang dalam belajar atau pengerjaan tugas akademik yang dianggap krusial sehingga dapat mengganggu atau menghambat perkembangan individu. Beberapa dampak terhadap siswa yang akan ditimbulkan akibat prorastinasi akademik adalah terhadap psikis dapat menimbulkan cemas dan stress mengganggu perkembangan siswa dalam meraih prestasi akademik menyontek terlambat mengumpulkan tugas lemah dalam regulasi waktu dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor memberikan kontribusi terhadap prokrastinasi akademik yaitu faktor internal meliputi motivasi belajar dan regulasi diri dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji kontribusi motivasi belajar dan regulasi diri dalam belajar secara parsial dan secara simultan terhadap prokrastinasi akademik siswa. Rancangan penelitian menggunakan desain korelasional. Penelitian memiliki populasi yaitu 384 siswa yang merupakan jumlah keseluruhan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Sampel yang dibutuhkan yaitu 80 siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang yang diperoleh dari teknik proportionate cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan skala motivasi belajar skala regulasi diri dalam belajar dan skala prokrastinasi akademik yang telah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya dan diuji ulang dalam penelitian ini. Skala tersebut sudah memenuhi uji validitas dengan nilai validitas setiap butir dalam semua instrumen le 0 05 dan memenuhi uji reliabilitas dengan nilai alpha cronbach pada skala motivasi belajar sebesar 0 754 skala regulasi diri dalam belajar sebesar 0 872 skala prokrastinasi akademik sebesar 0 806. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan regresi yaitu regresi linear sederhana dan regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 25 for Windows. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditunjukkan bahwa (1) Hasil regresi linear sederhana mendapatkan nilai t hitung -5 115 ge t tabel 1 991 dan nilai R yaitu 0 550. Artinya motivasi belajar berkontribusi negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa dengan besaran kontribusi sebesar 55% (2) Hasil regresi linear sederhana mendapatkan nilai t hitung -4 746 ge t tabel 1 991 dan nilai R yaitu 0 684. Artinya regulasi diri dalam belajar berkontribusi negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa dengan besaran kontribusi sebesar 68 4% dan (3) Hasil regresi linear sederhana mendapatkan nilai F hitung 16 375 ge F tabel 3 11 dan nilai R yaitu 0 751. Artinya motivasi belajar dan regulasi diri dalam belajar secara simultan berkontribusi negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa dengan besaran kontribusi sebesar 75 1%. Menurut perolehan hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu mengenai kontribusi motivasi belajar dan regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang terbentuk saran yang berkaitan dengan penelitian diantaranya (1) Bagi konselor perolehan hasil dari penelitian dapat dijadikan dasar konselor dalam memfasilitasi siswa untuk mencegah dan mengurangi perilaku prokrastinasi akademik dengan membuat layanan yang berhubungan dengan bidang belajar dapat diberikan mengenai motivasi belajar dan regulasi diri dalam belajar. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu melakukan penelitian lanjutan mengenai faktor eksternal dan dengan variabel selain motivasi belajar dan regulasi diri dalam belajar yang berkontribusi terhadap prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263449

Actions (login required)

View Item View Item