Hubungan antara kesadaran diri dalam belajar dan academic self management dengan kesiapan belajar siswa smp laboratorium um / Pipit Indahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kesadaran diri dalam belajar dan academic self management dengan kesiapan belajar siswa smp laboratorium um / Pipit Indahyani

Indahyani, Pipit (2022) Hubungan antara kesadaran diri dalam belajar dan academic self management dengan kesiapan belajar siswa smp laboratorium um / Pipit Indahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan pada sistem pendidikan menyebabkan adanya dinamika dalam keberlangsungan proses belajar mengajar. Hal tersebut juga mempengaruhi keadaan diri siswa baik fisik maupun psikis sehingga perlu dilakukan upaya agar siswa tetap semangat dalam belajarnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara kesadaran diri dalam belajar dan academic self management dengan kesiapan belajar siswa SMP Laboratorium UM. Rancangan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian korelasi. Jumlah populasi yaitu 428 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 207 siswa dengan pengambilan sampel adalah simple randome sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala psikologis yaitu skala kesadaran diri dalam belajar skala academic self management dan skala kesiapan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara ketiga variabel yaitu kesadaran diri dalam belajar dan academic self management dengan kesiapan belajar. Nilai korelasi yang diperoleh yakni 0 803 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kesadaran diri dalam belajar dan academic self management dengan kesiapan belajar. Hal ini memiliki arti bahwa variabel satu dengan yang lain bersifat saling mempengaruhi dan memberikan timbal balik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263447

Actions (login required)

View Item View Item