Hubungan pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar dengan minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Poncokusumo Malang. / Arisanti Dwi Pardede - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar dengan minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Poncokusumo Malang. / Arisanti Dwi Pardede

Pardede, Arisanti Dwi (2022) Hubungan pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar dengan minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Poncokusumo Malang. / Arisanti Dwi Pardede. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha untuk membantu siswa mengembangkan potensi dirinya. Pendidikan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Akan tetapi kenyataannya sistem pendidikan di Indonesia masih banyak mengalami masalah. Mutu pendidikan yang rendah merupakan masalah yang dihadapi di dunia. Belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang dilakukan terus berkelanjutan. Minat dalam belajar terjadi karena adanya faktor yang mempengaruhinya yaitu salah satunya faktor internal yang muncul dari dalam diri yaitu motivasi belajar sedangkan salah satu faktor eksternal dari luar diri individu yaitu pergaulan teman sebaya. Hubungan antara ketiga variabel ini saling berkaitan. Selain pergaulan teman sebaya dalam belajar motivasi juga sangat dibutuhkan baik dari teman keluarga atau motivasi dari dalam diri. Untuk dapat meningkatkan minat belajar diperlukan hubungan pertemanan yang positif mengerjakan tugas bersama dan saling memberikan motivasi dalam hubungan pertemanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar secara simultan dengan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Poncokusumo serta memperoleh seberapa besar sumbangan efektif yang diberikan dari variabel pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap minat belajar siswa SMP. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek yang digunakan untuk pengambilan data penelitian adalah peserta didik kelas VII VIII dan X SMP Negeri 1 Poncokusumo dengan jumlah populasi sebanyak 649 siswa. Total sampel yang digunakan sebanyak 163 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala penilaian bentuk skala sikap model Likert yang terdiri dari skala pergaulan teman sebaya skala motivasi belajar dan skala minat belajar. Skala penilaian berupa pernyataan tertutup dengan empat alternatif jawaban.Teknik pengujian validitas instrumen menggunakan metode analisis product moment pearson sedangkan untuk uji reliabilitas instrumen penelitian menggunakan metode croncbach alpha melalui program SPSS versi 25. Teknik penganalisisan data untuk uji menguji hipotesis menggunakan uji regresi ganda dengan melakukan tahapan uji prasyarat hipotesis antara lain uji normalitas uji linearitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas yang masing-masing pengujian menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Poncokusumo 2) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Poncokusumo 3) ada hubungan positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar secara simultan dengan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Poncokusumo dan 4) besar sumbangan efektif yang diberikan dari pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap minat belajar sebesar 73 1% (R square 0 731). Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 26 9% faktor penyebab minat belajar disebabkan oleh variabel lain yang diluar penelitian ini. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dari itu disarankan dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadi informasi bagi 1) konselor sekolah untuk dapat membantu menyusun dan melaksanakan program bimbingan dan konseling dengan layanan yang tepat dengan kebutuhan siswa terkhusus pada bidang pribadi sosial dan belajar. Oleh karena itu melalui penelitian ini konselor dapat meningkatkan pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar kearah yang positif menggunakan metode dan taktis layanan bimbingan dan konseling yang sesuai untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA Negeri 1 Poncokusumo 2) Penulis juga menyarankan untuk peneliti selanjutnya dengan melihat kelemahan yang ada dalam penelitian ini maka dapat melakukan penelitian terkait minat belajar dengan meninjau melalui variabel lain. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut terhadap minat belajar dan dapat membuat buku panduan untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263444

Actions (login required)

View Item View Item