Kontribusi kecemasan akademik dan kepercayaan diri terhadap perilaku menyontek siswa SMK Muhammadiyah 8 Pakis / Yeni Ayu Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi kecemasan akademik dan kepercayaan diri terhadap perilaku menyontek siswa SMK Muhammadiyah 8 Pakis / Yeni Ayu Safitri

Safitri, Yeni Ayu (2022) Kontribusi kecemasan akademik dan kepercayaan diri terhadap perilaku menyontek siswa SMK Muhammadiyah 8 Pakis / Yeni Ayu Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai fenomena pelanggaran dalam dunia pendidikan sering terjadi salah satunya adalah perilaku menyontek. Menyontek dilakukan oleh siswa karena faktor kecemasan reaksi dari kecemasan menimbulkan rasa takut depresi atau stres akibat tekanan untuk menyelesaikan tugas. Selain kecemasan akademik rendahnya kepecayaan diri juga mengakibatkan siswa gemar menyontek. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku menyontek akan merugikan bagi siswa itu apabila siswa melakukannya terus-menerus maka secara tidak sadar bisa terbawa pengaruh negative untuk dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kontribusi kecemasan akademik terhadap perilaku menyontek (2) kontribusi kepercayaan diri terhadap perilaku menyontek (3) kontribusi kecemasan akademik dan kepercayaan diri terhadap perilaku menyontek siswa SMK Muhammadiyah 8 Pakis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi yang digunakan ialah siswa SMK Muhammadiyah 8 Pakis kelas X XI dan XII dengan populasi sebanyak 201 sampel yang diambil sebanyak 151 siswa yang didapat dengan menerapkan teknik proportioned stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan skala kecemasan akademik skala kepercayaan diri dan skala perilaku menyontek. Uji validitas item pernyataan dalam penelitian ini diuji menggunakan Pearson Product Moment Correlational dan uji reliabilitas menggunakan uji Cronbach rsquo s Alpha. Data instrumen tersebut juga digunakan untuk uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan regresi berganda dengan tahapan uji normalitas uji linearitas uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kecemasan akademik dengan perilaku menyontek yang dimiliki siswa SMK Muhammadiyah 8 Pakis (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku menyontek siswa SMK Muhammadiyah 8 Pakis (3) ada kontribusi yang signifikan antara kecemasan akademik dan kepercayaan diri terhadap perilaku menyontek siswa SMK Muhammadiyah 8 Pakis secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh saran yaitu (1) dapat dijadikan rujukan oleh konselor yang mengacu pada konseling kognitif perilaku dan konseling REBT berbasis kelompok untuk menurunkan kecemasan akademik dan meningkatkan rasa percaya diri sebagai upaya dalam mengurangi perilaku menyontek siswa. Sebagai konselor sebaiknya dapat melarang siswa untuk tidak menyontek dan tidak membiarkan siswa menyontek ketika ujian maupun dalam mengerjakan tugas. (2) bagi peneliti selanjutnya penelitian ini bisa dijadikan acuan dan pertimbangan untuk penelitian berikutnya. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti topik yang sama dapat melaksanakan penelitian kepada siswa yang mempunyai tingkat perilaku menyontek yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263443

Actions (login required)

View Item View Item