Masithoh, Dewi (2010) Pengaruh penerapan metode think pair share (TPS) dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir dan prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang yang diajar dengan strategi problem based learning (PBL) / Dewi Masithoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci PBl TPS keterampilan metakognitif kemampuan berpikir prestasi belajar. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu pembelajaran yang berkaitan dengan pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran yang menggunakan permasalahan nyata sebagai sesuatu konteks bagi siswa. Pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) akan melibatkan siswa aktif di dalam pembelajaran. Selama pembelajaran siswa diminta memikirkan permasalahan secara individu (Think) kemudian berpasangan untuk menyelesaikan permasalahan (Pair) dan saling tukar pendapat dengan pasangan yang lain atau teman sekelas (Share). Penelitian ini dilakukan dengan memberikan metode pembelajara TPS pada kelas yang diajar dengan strategi PBL. Penggunaan gabungan strategi ini dimaksudkan untuk memberikan variasi cara pembelajaran kepada siswa agar proses pembelajaran yang dijalaninya tidak monoton dan membosankan. Adanya variasi cara pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 20 Malang selama semester genap 200/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 20 Malang Kelas VII tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian control group pretest pos-test design. Data keterampilan metakognitif yang diperoleh dari hasil pretest dan post-test dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik Anava sedangkan data keterampilan metakognitif yang diperoleh dengan instrumen inventori data kemampuan berpikir dan data pemahaman konsep dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Anakova. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode TPS pada kelas yang diajar dengan strategi PBL dan interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang sedangkan kemampuan akademik tidak berpengaruh. Penerapan metode TPS pada kelas yang diajar dengan strategi PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang sedangkan kemampuan akademik dan interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh. Penerapan metode TPS pada kelas yang diajar dengan strategi PBL dan kemampuan i akademik berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang sedangkan interaksinya tidak berpengaruh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26344 |
Actions (login required)
View Item |