Model motivasi membaca akademik mahasiswa: pengaruh orientasi tujuan, biaya, nilai tugas dan minat situasional sebagai mediator / Yurni - Repositori Universitas Negeri Malang

Model motivasi membaca akademik mahasiswa: pengaruh orientasi tujuan, biaya, nilai tugas dan minat situasional sebagai mediator / Yurni

Yurni (2021) Model motivasi membaca akademik mahasiswa: pengaruh orientasi tujuan, biaya, nilai tugas dan minat situasional sebagai mediator / Yurni. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yurni, 2021, Model Motivasi Membaca Akademik Mahasiswa: pengaruh nilai tugas, biaya, orientasi tujuan, dan minat situasional sebagai mediator. Disertasi, Program studi S3 Psikologi Pendidikan, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Prof.Dr.Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed., (II). Dr. Imanuel Hitipeuw, M.A., (III). Prof. Dr. F.Danardana Murwani, M.M.   Kata Kunci: membaca akademik, Nilai tugas, minat situasional, biaya, orientasi pada tujuan               Membaca literatur akademik merupakan salah satu kegiatan penting bagi mahasiswa di perguruan Tinggi. Motivasi membaca literatur akademik yang rendah dapat menurunkan pemahaman mahasiswa akan teks yang mereka baca dan sedikitnya ilmu yang mereka dapatkan, sehingga mempengaruhi prestasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris model teoritik motivasi membaca akademik mahasiswa dan pengaruh orientasi tujuan, nilai tugas, biaya, dan minat situasional terhadap motivasi membaca akademik mahasiswa.             Metode penelitian dilaksanakan dengan rancangan causal relationship terhadap 706 orang mahasiswa dari 10 Perguruan Tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) skala orientasi tujuan dari Elliot dan Murayama (2008) dengan validitas = 0.569-0.879 dan reliabilitas = 0.837, (2) skala nilai tugas dari Gaspard dkk (2017) dengan validitas =0.490-0.913 dan reliabilitas = 0.812, (3) skala biaya dari Flake dkk (2015) dengan validitas= 0.493-0.887 dan realiabilitas = 0.856, (4) skala minat situasional dari Schraw dkk (1995) dengan validitas= 0.589-0.882 dan reliabilitas = 0.910, dan (5) skala motivasi membaca akademik dari Pintrich dkk (1991) dengan validitas= 0.617-0.788 dan reliabilitas = 0.890. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM), dengan perhitungan menggunakan software program AMOS versi 24.             Hasil penelitian menunjukkan bahwa model teoritik yang dibangun telah layak (Fit) dan memperoleh data empiris karena memenuhi standar goodness of fit model (GFI=0.911 > 0.90), (RMSEA= 0.069 < 0.08). Hasil ini berarti orientasi tujuan, biaya dan nilai tugas yang dimediasi oleh minat situasional secara bersama-sama terbukti berperan sebagai prediktor terhadap motivasi membaca akademik mahasiswa. Hasil hipotesis masing-masing kontribusi antara variabel eksogen dengan endogen adalah (1) orientasi tujuan tidak terbukti berpengaruh terhadap minat situasional, (2) biaya terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap minat situasional, (3) nilai tugas terbukti berpengaruh terhadap minat situasional, (4) nilai tugas terbukti berpengaruh terhadap motivasi membaca akademik, (5) orientasi tujuan terbukti berpengaruh terhadap motivasi membaca akademik, (6) minat berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi membaca akademik, (7) nilai tugas berpengaruh terhadap motivasi membaca akademik melalui minat situasional, (8) biaya berpengaruh terhadap motivasi membaca akademik melalui minat situasional, dan (9) orientasi tujuan berpengaruh terhadap motivasi membaca akademik melalui minat situasional. Temuan dalam penelitian adalah jalur langsung antara biaya dan minat situasional. Persepsi biaya yang negatif berpengaruh signifikan untuk meningkatkan minat situasional. Minat situasional merupakan variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap motivasi membaca akademik mahasiswa.             Berdasarkan temuan, penelitian ini menyarankan kepada (1) Pihak Universitas terutama pihak Rektorat untuk membuat research development terkait motivasi membaca akademik mahasiswa dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mampu meningkatkan motivasi membaca akademik, seperti minat situasional, orientasi tujuan, nilai tugas, dan biaya. (2) saran kepada guru dan dosen agar mampu menjadi motivator siswa untuk meningkatkan minat dan motivasi membaca akademik mereka, (3) saran kepada mahasiswa untuk memperhatikan faktor-faktor yang bisa meningkatkan motivasi membaca akademik, dan (4) saran metodologis kepada peneliti lain yang berminat meneliti motivasi membaca akademik mahasiswa untuk menggunakan multigroup analysis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263433

Actions (login required)

View Item View Item