Pengaruh strategi self-regulated learning dan meta-attention terhadap hasil belajar. / Suriati Abdul Gani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi self-regulated learning dan meta-attention terhadap hasil belajar. / Suriati Abdul Gani

Gani, Suriati Abdul (2021) Pengaruh strategi self-regulated learning dan meta-attention terhadap hasil belajar. / Suriati Abdul Gani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berdampak pada perubahan cara belajar setiap orang. Kemajuan tersebut memungkinkan setiap orang memperoleh informasi dengan mudah dan pebelajar juga dapat belajar tanpa terbatas pada ruang dan waktu. Pebelajar sekarang yang akrab dengan teknologi telah menjadi pencari informasi yang aktif dan mandiri. Pebelajar diharapkan menjadi terbiasa untuk mengatur pembelajaran pribadi. Dengan fenomena yang ada ini diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat mengakomodasi cara belajar pebelajar masa kini. Salah satunya adalah strategi pembelajaran self-regulated learning (SRL) yang memberi kesempatan kepada pebelajar untuk mengatur dan menerapkan strategi metakognitif yang berfokus pada perencanaan dan penetapan tujuan belajar pengelolaan penerapan dan pemantauan atas strategi pembelajaran serta evaluasi terhadap strategi yang diterapkan termasuk hasil yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi SRL terhadap hasil belajar bahasa Inggris Teologi. Sebagaimana teori ilmu pembelajaran menyatakan bahwa hasil belajar ditentukan oleh metode pembelajaran dan kondisi pembelajaran maka penelitian ini ingin menguji apakah keefektifan strategi SRL terhadap hasil belajar itu dipengaruhi oleh interaksinya dengan meta-attention Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Subjek penelitian adalah 57 mahasiswa kelas Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Teologi Seminari Alkitab Asia Tenggara (STT SAAT) Malang yang dikelompokkan ke dalam kelas eksperimen 29 orang dan kelas kontrol 28 orang. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas variabel moderator variabel terikat dan variabel kontrol. Variabel bebas adalah strategi pembelajaran yang berkategori dua yaitu strategi SRL dan metode ceramah. Variabel moderator adalah meta-attention yang berkategori dua yaitu meta-attention tinggi dan meta-attention rendah. Variabel terikat adalah hasil belajar. Variabel-variabel yang perlu dikontrol adalah kemampuan awal subjek penelitian tingkat meta-attention subjek penelitian kemampuan dosen cakupan materi kuliah perangkat perkuliahan media perkuliahan alokasi waktu waktu pelaksanaan perkuliahan dan instrumen hasil belajar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Online Learning Motivated Attention and Regulation Strategy (OL-MARS) dan instrumen hasil belajar.Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik ANCOVA. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5% ( 0 05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata hasil belajar bahasa Inggris antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi SRL dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah (2) tidak ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar bahasa Inggris antara mahasiswa yang memiliki meta-attention tinggi dan meta-attention rendah (3) tidak ada interaksi antara strategi SRL dan meta-attention terhadap hasil belajar bahasa Inggris pebelajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa strategi SRL menjadi strategi pembelajaran yang lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Temuan ini menjadi bukti bahwa strategi SRL merupakan salah satu strategi yang patut diandalkan untuk meningkatkan hasil belajar pebelajar. Namun karena tidak ada interaksi antara strategi SRL dan meta-attention terhadap hasil belajar maka pada pengaplikasian strategi SRL tidak memerlukan untuk terlebih dahulu mengukur tingkat meta-attention pebelajar. Berdasarkan hasil penelitian tentang tidak adanya interaksi antara strategi pembelajaran dengan meta-attention terhadap hasil belajar mahasiswa maka institusi pendidikan diharapkan membuat kebijakan-kebijakan guna meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih berorientasi pada mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan student-centered instruction atau student-centered learning. Khususnya pada mata kuliah Bahasa Inggris Teologi disarankan menggunakan strategi SRL.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263432

Actions (login required)

View Item View Item