Tinjauan mutu bumbu soto di beberapa pasar Kota Malang berdasarkan angka lempeng total koloni bakteri / Dewi Masithoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Tinjauan mutu bumbu soto di beberapa pasar Kota Malang berdasarkan angka lempeng total koloni bakteri / Dewi Masithoh

Masithoh, Dewi (2010) Tinjauan mutu bumbu soto di beberapa pasar Kota Malang berdasarkan angka lempeng total koloni bakteri / Dewi Masithoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci mutu bumbu soto angka lempeng total. Bumbu merupakan kunci kelezatan cita rasa suatu hidangan terutama untuk hidangan Indonesia yang pada umumnya memakai bumbu komplit dan pekat. Bumbu soto merupakan bumbu yang terdiri dari kunyit bawang merah bawang putih merica jahe dan serai. Bumbu soto yang beredar di pasaran ada yang dikemas dan tidak dikemas. Perbedaan perlakuan pada bumbu soto dapat mengakibatkan perbedaan jumlah mikroba dalam bumbu soto. Angka lempeng total koloni bakteri dalam bumbu soto akan berpengaruh pada mutu bumbu soto tersebut. Selain itu menurut Dwidjoseputro (1989 196) makanan yang telah terkontaminasi oleh mikroorganisme dapat mengalami penguraian sehingga dapat berkuranglah nilai gizi dan kelezatannya bahkan makanan yang telah dalam keadaan terurai itu dapat menyebabkan sakit sampai matinya seseorang yang memakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) angka lempeng total koloni bakteri dalam bumbu soto dari beberapa pasar di kota Malang dan (2) mutu mikrobiologi bumbu soto berdasarkan angka lempeng total koloni bakteri dari beberapa pasar di kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey (deskriptif). Analisis kualitatif mikrobiologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hitungan cawan total yaitu perhitungan terhadap jumlah mikroba khususnya bekteri tanpa harus menentukan jenis. Bumbu soto yang digunakan dalam penelitian ini adalah bumbu soto yang dikemas dan tidak dikemas yang beredar di beberapa pasar kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi jurusan Biologi Universitas Negeri Malang pada bulan Juli sampai Agustus 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata angka lempeng total koloni bakteri yang terdapat dalam bumbu soto kemasan yang dijual di beberapa pasar kota Malang adalah 5 6x102 cfu/gram dan bumbu soto tanpa kemasan mempunyai nilai rerata angka lempeng total 7 2x104 cfu/gram. Sedangkan standar yang telah ditentukan oleh peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia nomor HK.00.06.1.52.4011 batas cemaran pada rempah-rempah (kondimen) dan bumbu lainnya yaitu 1x104 koloni/gram. Hal ini berarti bahwa apabila ditinjau dari angka lempeng total koloni bakteri maka bumbu soto yang dikemas mempunyai mutu yang layak sedangkan bumbu soto yang tidak dikemas mempunyai mutu yang tidak layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26343

Actions (login required)

View Item View Item