Implementasi program care sebagai upaya pencegahan bullying di sekolah dasar / MUTHIA ARYUNI - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program care sebagai upaya pencegahan bullying di sekolah dasar / MUTHIA ARYUNI

Aryuni, Muthia Aryuni (2021) Implementasi program care sebagai upaya pencegahan bullying di sekolah dasar / MUTHIA ARYUNI. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Muthia Aryuni 2021. Implementasi Program CARE sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar. Disertasi Program Studi S3 Psikologi Pendidikan Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. (III) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. Kata kunci Bullying Prososial Respek Pencegahan Bullying Program sekolah CARE merupakan sebuah program yang mengajarkan pengetahuan bullying keterampilan prososial dan respek yang bertujuan untuk meningkatkan social skill pada siswa agar dapat menciptakan iklim sekolah yang positif bahagia aman nyaman dan bebas bullying. CARE adalah akronim dari CAring Respect amp Educate. Ada tiga unsur penting dalam Program Sekolah CARE yaitu 1) menumbuhkan kesadaran akan pentingnya perilaku prososial (CAring) 2) menumbuhkan kesadaran akan pentingnya sikap saling menghargai dan bersikap postif terhadap perbedaan diantara teman sebaya (Respect) dan 3) memberikan edukasi yang benar tentang pengetahuan bullying (Educate). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 5 Birobuli Palu Sulawesi Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berusia 11-13 tahun berjumlah 52 orang yang terdiri dari 26 orang siswa untuk kelompok eksperimen dan 26 orang siswa untuk kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan yaitu Program CARE dengan menggunakan metode observational learning sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala pengetahuan bullying skala prososial dan skala respek dan dianalisis dengan menggunakan uji T-Test perhitungan rata-rata NGain-Score dan perhitungan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini terbukti dapat meningkatkan pengetahuan bullying pada kelompok eksperimen sebesar 0 83 (tinggi) sedangkan kelompok kontrol sebesar 0 33 (sedang) sikap prososial pada kelompok eksperimen sebesar 0 79 (tinggi) dan kelompok kontrol 0 36 (sedang) serta sikap respek pada kelompok eksperimen sebesar 0 81 (tinggi) dan kelompok kontrol 0 37 (sedang). Selanjutnya Program Sekolah CARE juga efektif untuk meningkatkan pengetahuan bullying sikap prososial dan respek pada kelompok eksperimen dengan masing-masing sumbangan efektif yaitu bullying sebesar 98 12% sikap prososial sebesar 92 74 % dan sikap respek sebesar 93 24%. Hal ini menunjukkan bahwa program sekolah CARE memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pengetahuan bullying sikap prososial dan sikap respek pada siswa kelas V SD. Dengan meningkatkannya pengetahuan dan sikap tersebut maka dapat membantu untuk mencegah dan meminimalisir perilaku bullying di sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263427

Actions (login required)

View Item View Item