Pengaruh pelatihan regulasi diri berbasis siri' na pacce terhadap perilaku asertif menolak penyalahgunaan napza pada siswa smpn 2 turatea kabupaten jeneponto sulawesi selatan / NURWAHYUNI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pelatihan regulasi diri berbasis siri' na pacce terhadap perilaku asertif menolak penyalahgunaan napza pada siswa smpn 2 turatea kabupaten jeneponto sulawesi selatan / NURWAHYUNI

Nurwahyuni (2021) Pengaruh pelatihan regulasi diri berbasis siri' na pacce terhadap perilaku asertif menolak penyalahgunaan napza pada siswa smpn 2 turatea kabupaten jeneponto sulawesi selatan / NURWAHYUNI. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurwahyuni. 2021. Pengaruh Pelatihan Regulasi Diri Berbasis Siri Na Pacce terhadap Perilaku Asertif Menolak Penyalahgunaan NAPZA Pada Siswa SMPN 2 Turatea Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Disertasi. Program Studi Psikologi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanuraan M.Si. M.Ed (II) Dr.Imanuel Hipitipeuw M.A (III) Dr. Hetti Rahmaati S. Psi. M. Si Kata kunci Regulasi diri Siri na pacce Perilaku asertif Penyalahgunaan NAPZA. Permasalahan penelitian ini adalah (a) apakah ada perbedaan perilaku asertif menolak penyalahgunaan NAPZA siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan pelatihan regulasi diri berbasisi siri rsquo na pacce. (b) Apakah ada perbedaan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan pelatihan regulasi diri berbasis siri rsquo na pacce dengan kelompok kontrol yang mendapatkan layanan klasikal informasi bahaya NAPZA. (c) Apakah ada pengaruh pelatihan regulasi diri berbasis siri rsquo na pacce terhadap perilaku asertif menolak penyalahgunaan NAPZA pada siswa SMPN 2 Turatea Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Subjek penelian ini adalah Siswa SMPN 2 Turatea Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Subjek penelitian ini adalah sisa kelas dua SMPN 2 Turatea Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan dengan usia antara 12-15 tahun yang berjumlah 38 orang. 19 orang sebagai kelompok eksperimen dan 19 orang sebagai kelompok kontrol. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest control grop design. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala perilaku asertif menolak penyalahgunaan NAPZA yang dimodifikasi dari Drug Refusal Assertiviness Scale (DRAS) yang telah dikembangkan oleh Botvin (1989) dan Jones dkk (1990). Teknik analisis data peneitian ini menggunakan uji Anova dengan bantuan statistik SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) ada perbedaan perilaku asertif menolak penyalahgunaan NAPZA siswa pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pelatihan regulasi diri berbasis siri rsquo na pacce. Nilai rata-rata pada pre-test sebesar 70 84 dengan skor tertinggi sebesar 82 sedangkan rata-rata pada post-test sebesar 127 43 dengan skor tertinggi 138. (b) Ada perbedaan perilaku asertif menolak NAPZA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai Fhitung sebesar 513.598 gt ftable 3.59 dengan signifikansi 0 000 lebih kecil dari 0 05 (0 000 lt 0 05). (c) Pelatihan regulasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku asertif menolak penyalahgunaan NAPZA pada siswa SMPN 2 Turatea Jeneponto Sulawesi Selatan. Berdasarkan NGain Score diperoleh nilai rata-rata eksperimen sebesara 0 84 lebih besar dari 0 7 (0 84 gt 0 7).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263426

Actions (login required)

View Item View Item