Pengaruh pembelajaran earthcomm dan kemampuan berpikir spasial model Sharpe-Huynh terhadap kesadaran lingkungan siswa SMA di Kota Malang / Muhammad Aliman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran earthcomm dan kemampuan berpikir spasial model Sharpe-Huynh terhadap kesadaran lingkungan siswa SMA di Kota Malang / Muhammad Aliman

Aliman, Muhammad (2020) Pengaruh pembelajaran earthcomm dan kemampuan berpikir spasial model Sharpe-Huynh terhadap kesadaran lingkungan siswa SMA di Kota Malang / Muhammad Aliman. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Pembelajaran Earthcomm dan Kemampuan Berpikir Spasial Model Sharpe-Huynh Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa SMA di Kota MalangMuhammad Aliman, PendidikanGeografiRINGKASANAliman, Muhammad. 2020. Pengaruh Pembelajaran Earthcomm dan Kemampuan Berpikir Spasial Model Sharpe-Huynh Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa SMA di Kota Malang. Disertasi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos. (2) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd. (3) Drs. I Komang Astina, M.S., Ph.D.Kata Kunci: Kesadaran Lingkungan, Kemampuan Berpikir Spasial,Pembelajaran Earthcomm, Siswa SMA. Rendahnya kesadaran lingkungan siswa SMA menjadi problematika tersendiri dalam dunia pendidikan. Tumbuh dan berkembangnya kesadaran lingkungan mampu memastikan keberlanjutan lingkungan hidup tetap terjaga dengan baik.Problematika rendahnya kesadaran lingkungan siswa SMA perlu dicarikan solusi yang tepat. Pendidikan geografi mampu memberikan peran dalam memperbaiki kesadaran lingkungan siswa SMA melalui perbaikan kualitas pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang tepat dalam mengembangkan kesadaran lingkungan adalah pembelajaran Earth Science in the Community(Earthcomm). Memperbaiki kualitas pembelajaran geografi harus diikuti oleh meningkatnya kemampuan berpikir spasial siswa. Kemampuan berpikir spasial dibutuhkan siswa dalam mempelajari dan memahami fenomena geosfer. Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) pengaruh pembelajaran earthcommterhadap kesadaran lingkungan siswa SMA di Kota Malang. 2) pengaruh kemampuan berpikir spasial model Sharpe-Huynh terhadap kesadaran lingkungan siswa SMA di Kota Malang. 3) pengaruh pembelajaran earthcommdan kemampuan berpikir spasial model Sharpe-Huynh terhadap kesadaran lingkungan siswa SMA di Kota Malang. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan disain non equivalencontrol group design. Penelitian dilakukan pada siswa SMA di Kota Malang Propinsi Jawa Timur. Kesadaran lingkungan siswa SMA diukur menggunakan angket sedangkan kemampuan berpikir spasial diukur menggunakan tes yang dikembangkan berdasarkan indikator menurut Sharpe-Huynh. Analisis hasil penelitian menggunakan aplikasi software SPSS for windowsversi 23. Hasil penelitian menunjukkan 1) pembelajaran earthcommberpengaruh signifikan terhadap kesadaran lingkungan siswa SMA di Kota Malang. 2) Kemampuan berpikir spasial model Sharpe-Huynh tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran lingkungan siswa SMA di Kota Malang. 3) pembelajaran earthcommdan kemampuan berpikir spasial model Sharpe-Huynh tidak berinteraksi dengan kesadaran lingkungan siswa SMA di Kota Malang. Pengetahuan siswa terhadap lingkungan yang menerapkan pembelajaran earthcommlebih tinggi rata-rata nilainya dibandingkan rata-rata nilai sikap, Pengaruh Pembelajaran Earthcomm dan Kemampuan Berpikir Spasial Model Sharpe-Huynh Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa SMA di Kota MalangMuhammad Aliman, PendidikanGeografiperilaku dan keterampilan dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan. Kemampuan berpikir spasial siswa SMA pada kategori berpikir spasial ahli, menengah dan pemula mengalami peningkatan kesadaran lingkungan bersama-sama setelah menerapkan pembelajaran earthcomm. Kemampuan berpikir spasial siswa SMA tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam meningkatnya kesadaran lingkungan. Guru geografi disarankan menerapkan pembelajaran earthcommuntuk mengembangkan kesadaran lingkungan siswa. Memetakan kemampuan berpikir spasial siswa diawal pembelajaran. Guru geografi membiasakan siswa untuk peka terhadap permasalahan lingkungan. Menyediakan waktu untuk mengajak siswa melakukan penyelidikan masalah lingkungan di luar sekolah. Diseminasi pembelajaran earthcommdapat dilakukan melalui berbagai bentuk pelatihan (in house training) bekerjasama dengan dinas pendidikan dan lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP). Membuat kegiatan penghijauan, lomba sekolah hijau, pemilihan duta green school, kampanye hemat energi dan seminar lingkungan hidup. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengetahui penerapan earthcommterhadap keterampilan abad 21 seperti kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, kreatif, inovasi, kolaborasi dan komunikasi. Diperlukan penelitian dan pengembangan pembelajaran earthcommberbasis kompetensi abad 21, pengembangan bahan ajar earthcommberbasis digital, membandingkan pembelajaran earthcommdengan pembelajaran lain, mengembangkan instrumen tes berpikir spasial berbasis digital dan melakukan kajian kualitatif dalam menggali bentuk dan pola berpikir spasial siswa SMA. Kata Kunci: Pembelajaran Earthcomm, Kemampuan Berpikir Spasial, Kesadaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263425

Actions (login required)

View Item View Item