Pengembangan model bahan ajar berbasis geospasial untuk meningkatkan kemampuan berpikir geografi mahasiswa / Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model bahan ajar berbasis geospasial untuk meningkatkan kemampuan berpikir geografi mahasiswa / Purwanto

Purwanto (2021) Pengembangan model bahan ajar berbasis geospasial untuk meningkatkan kemampuan berpikir geografi mahasiswa / Purwanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kehadiran teknologi geospasial telah menjadi tantangan baru dalam pembelajaran geografi di abad 21. Revolusi industri 4.0 telah memberikan kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk mengembangkan berbagai kecakapan hidup abad 21 melalui teknologi geospasial. Berpikir geografi adalah salah satu kecakapan hidup abad 21 yang penting dimiliki oleh mahasiswa calon guru geografi sebagai dasar dalam membangun pengetahuan yang kuat dengan melibatkan teknologi geospasial. Terbatasnya bahan ajar yang mengintegrasikan teknologi geospasial dalam meningkatkan kemampuan berpikir geografi adalah salah satu factor penyebab rendahnya berpikir geografi dikalangan mahasiswa calon guru geografi. Melalui pengembangan model bahan ajar berbasis geospasial penelitian ini menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan model bahan ajar berbasis geospasial untuk meningkatkan kemampuan berpikir geografi, 2) Menganalisis efektivitas model bahan ajar berbasis geospasial dalam meningkatkan kemampuan berpikir geografi, 3) mengkaji keunggulan model bahan ajar berbasis geospasial dalam meningkatkan kemampuan berpikir geografi. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model intruksional ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analysis kebutuhan didasarkan dari hasil pemetaan dan evaluasi bahan ajar yang sudah ada. Design menggunakan kerangka kerja TPACK dengan melakukan modifikasi model intruksional. Development, dilakukan dengan uji kelayakan bahan ajar dengan melibatkan pakar. Implementation, dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan melibatkan 96 mahasiswa. Peningkatan kemampuan berpikir geografi diketahui melalui uji analisis statistik uji-t. Evaluation dilakukan dengan uji efektivitas menggunakan effect size. Analisis dalam penelitian memadukan beberapa teknik analisis yaitu analisis konten, statistik, dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bahan ajar berbasis geospasial dengan desain intruksional “Spasial ICERE” layak dan terbukti signifikan digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir geografi. Berdasarkan hasil analisis effect size, bahan ajar terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir geografi. Efektivitas tersebut tidak lepas dari keunggulan bahan ajar yaitu pertama, terpenuhinya kriteria self instructional, self contained, stand alone, adaptive, dan user friendly. Kedua, desain intruksional Spasial ICERE yang mengintegrasikan teknologi geospasial sebagai alat pedagogis dalam berpikir geografi telah memberikan kesempatan secara luas kepada mahasiswa untuk mengembangkan kecakapan hidup abad 21 berbasis geokapabilitas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263422

Actions (login required)

View Item View Item