Hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran sains pada penerapan strategi pembelajaran problem based learning (PBL) dan inkuiri / Aisyah Rahmawati Zen - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran sains pada penerapan strategi pembelajaran problem based learning (PBL) dan inkuiri / Aisyah Rahmawati Zen

Zen, Aisyah Rahmawati (2010) Hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran sains pada penerapan strategi pembelajaran problem based learning (PBL) dan inkuiri / Aisyah Rahmawati Zen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Problem Based Learning (PBL) Inkuiri. Pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah yang dapat ditunjukkan melalui pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran IPA di SD guru dituntut untuk dapat mengajarkan konsep IPA secara benar sedangkan siswa dituntut untuk memahami konsep IPA dan penerapannya secara sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan metakognitif berhubungan dengan pemahaman konsep terhadap materi yang sedang dipelajari. Keterampilan metakognitif yang tinggi menunjukkan hasil belajar yang tinggi pula. Beberapa strategi pembelajaran yang direkomendasikan untuk memberdayakan keterampilan metakognitif adalah Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri. Kedua strategi pembelajaran ini memiliki karakteristik yang berbeda sehingga kemungkinan juga memiliki kemampuan yang berbeda dalam memberdayakan keterampilan metakognitif yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada strategi pembelajaran PBL dan inkuiri serta ada tidaknya perbedaan hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada strategi pembelajaran PBL dan inkuiri pada siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan jenis survei dengan menggunakan selisih nilai pretes dan pos tes sebagai data. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumbersari II Malang dan seluruh siswa kelas IV SDN Sumbersari III Malang. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu siswa kelas IV SDN Sumbersari II Malang dan seluruh siswa kelas IV SDN Sumbersari III Malang. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS for MS WINDOWS dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa pada penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan persamaan garis regresi Y 0 8402X 6 8127. Sumbangan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar siswa sebesar 43 7% pada penerapan strategi pembelajaran PBL. Ada hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa pada penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan persamaan garis regresi Y 0 9009X 10 318. Sumbangan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar siswa sebesar 69% pada penerapan strategi pembelajaran inkuiri. Ada perbedaan hubungan antara ii keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada strategi pembelajaran PBL dan Inkuiri yang ditunjukkan dengan adanya garis regresi yang sejajar. Hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada strategi pembelajaran inkuiri memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan pada PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26342

Actions (login required)

View Item View Item