Pengembangan model pembelajaran geografi berbasis riset untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah / Yuli Ifana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran geografi berbasis riset untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah / Yuli Ifana Sari

Sari, Yuli Ifana (2021) Pengembangan model pembelajaran geografi berbasis riset untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah / Yuli Ifana Sari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis merupakan wahana untuk menyampaikan aspirasi bagi mahasiswa. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan mahasiswa dan sekaligus menerapkan teori yang mereka dapatkan pada tahap orientasi materi. Kemampuan mahasiswa menulis artikel ilmiah berkaitan dengan model yang diterapkan oleh dosen dalam melaksanakan proses pembelajaran. Melaui pembelajaran yang terintegrasi dengan riset mahasiswa dilatih untuk meneliti dan membuat laporan sesuai dengan pedoman karya tulis ilmiah. Pembelajaran geografi berbasis riset di desain melalui sintaks atau tahap yang mengarahkan mahasiswa pada kemampuan menulis artikel ilmiah. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan model pembelajaran geografi berbasis riset yang valid praktis dan efektif meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian dan pengembangan dengan dua tahap yaitu pertama pengembangan produk menggunakan model penelitian Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu 1) preliminary research 2) prototype dan 3) assessment. Kedua penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan posttest nonequivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan tahun 2019/2020 program studi pendidikan geografi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang yang menempuh mata kuliah geografi sumber daya alam. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan purposive sampling dan diperoleh kelas C sebagai kelas kontrol dan kelas D sebagai kelas eksperimen. Seluruh mahasiswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen menjadi sampel atau subjek penelitian. Jumlah mahasiswa kelas C sebanyak 28 dan D 27 orang. Analisis data kemampuan menulis artikel ilmiah dengan analisis mann-whitney test dengan taraf signifikan 5% setelah dilakukan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model Pembelajaran Geografi Berbasis Riset (PGBR) dan seluruh perangkat pembelajarannya serta instrumen pendukung model dinyatakan layak (valid) oleh para validator berdasarkan uji validasi selama satu bulan (2) Kriteria praktis diambil dari data hasil observasi keterlaksanaan model dan respon mahasiswa dan hasilnya menunjukkan model sudah terlaksana dengan baik (3) Hasil uji keefektifan model menunjukkan bahwa model PGBR berpengaruh signifikan terhadap pencapaian peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263413

Actions (login required)

View Item View Item