Polamolo, Cristian (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran ekonomi berbasis nilai-nilai pancasila dan nilai-nilai budaya lokal Gorontalo / Cristian Polamolo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Polamolo Cristian. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekonomi Berbasis Nilai ndash Nilai Pancasila dan Nilai ndash Nilai Budaya Lokal Gorontalo. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (III) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.S. Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi Nilai ndash Nilai Pancasila Nilai ndash Nilai Budaya Lokal Gorontalo Problematika pendidikan ekonomi yang terjadi saat ini adalah penyelenggaraan pembelajaran ekonomi yang belum memadai karena pemilihan orientasi materi tidak sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia sehingga mempengaruhi dan membentuk pola fikir sikap dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan dan pemenuhan kebutuhan aktivitas ekonomi sehari ndash hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran ekonomi berbasis nilai ndash nilai pancasila dan nilai ndash nilai budaya lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) yang memiliki 4 ndash fase antara lain 1) Identifikasi masalah 2) Desain dan pengembangan 3) Uji coba 4) Evaluasi. Untuk kelayakan perangkat divalidasi oleh ahli materi ahli media ahli budaya lokal dan praktisi. Untuk mengetahui efektifitas perangkat dilakukan uji coba kelompok kecil sebanyak 3 orang dan uji coba kelompok besar sebanyak 36 orang. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh ahli materi sebesar 92 1% (sangat valid) ahli budaya lokal Gorontalo sebesar 94% (sangat valid) ahli media pembelajaran menunjukkan 70% (cukup valid dengan sedikit revisi) hasil uji validasi praktisi terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menunjukkan 88 71% (sangat valid) hasil uji perorangan diperoleh rata-rata sebesar 83 3% (sangat baik) hasil uji coba lapangan diperoleh nilai rata ndash rata87 4% (sangat baik) dan hasil tanggapan pembelajaran seluruh siswa diperoleh nilai rata ndash ratasebesar 88 08%. Sedangkan hasil tanggapan / respon guru terhadap pembelajaran diperoleh nilai sebesar 94 2%. Efektifitas uji coba perangkat pembelajaran berdasarkan nilai pengetahuan (kognitif) siswa yakni rata ndash rata post test sebesar 89 47% dan hasil penilaian sikap (afektif) siswa berada pada nilai rata ndash rata persentasi tinggi.Hasil uji coba perangkat pembelajaran ekonomi berbasis nilai ndash nilai pancasila dan nilai ndash nilai budaya lokalini dinyatakan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran ekonomi di sekolah. Proses kegiatan pembelajaran ekonomi berbasis nilai ndash nilaipancasila dan nilai ndash nilai budaya lokal dapat memberikan perubahan pola fikir sikap dan perilaku bagi siswa menambah pengetahuan baru mengenalkan dan sampai pada menganalisis sejauh manapenerapan sistem ekonomi yang sesuai dengan jati diri bangsa. Produk hasil pengembangan ini sangat perlu untuk didesiminasikan dalam lingkup pengajar ekonomi melalui seminar ilmiah untuk mengenalkan produk yang telah dikembangkan. Bagi peneliti selanjutnya pengembangan produk perlu untuk mengadaptasi nilai ndash nilai budaya lokal daerah yang lain. Pengembangan produk ini hanya menggunakan pendekatan konstruktivistik. Perlu adanya perubahan atau penggunaan model/strategi lain dalam pembelajaran ekonomi sehingga pembelajaran lebih bervariasi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263410 |
Actions (login required)
View Item |