Pengembangan perkuliahan kewirausahaan berbasis caring economics untuk mengembangkan spirit of entrepreneurship dan entrepreneurial intention di perguruan tinggi /Indra Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perkuliahan kewirausahaan berbasis caring economics untuk mengembangkan spirit of entrepreneurship dan entrepreneurial intention di perguruan tinggi /Indra Darmawan

Darmawan, Indra (2020) Pengembangan perkuliahan kewirausahaan berbasis caring economics untuk mengembangkan spirit of entrepreneurship dan entrepreneurial intention di perguruan tinggi /Indra Darmawan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain produk pembelajaran berupa silabus, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan modul perkuliahan berbasis caring economics yang dapat mengembangkan spirit of entrepreneurship dan entrepreneurial intention mahasiswa di perguruan tinggi. Pengembangan perkuliahan berbasis caring economics merupakan model pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran baik dari aspek kognitif, dan aspek afektif, dan aspek psikomotorik.   Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan mengacu pada model design-based research (DBR). Data analisis kebutuhan dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara untuk memperoleh rekomendasi tentang kualitas produk yang akan dikembangkan. Responden berasal dari mahasiswa Universitas Sanata Dharma. Uji validasi dilakukan oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi pembelajaran kewirausahaan dari Universitas Negeri Malang. Data tersebut diuraikan secara deskriptif dengan memaparkan tahapan validasi dan uji coba sebelum dan sesudah revisi prototipe produk. Uji coba dilakukan dalam dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Selanjutnya tahap akhir adalah tahap uji efektifitas terhadap produk yang dikembangkan.   Berdasarkan analisis model faktual ditemukan bahwa praktik pembelajaran kewirausahaan selama ini belum mampu mengembangkan spirit of entrepreneurship dan entrepreneurial intention mahasiswa. Materi pembelajaran kewirausahaan juga belum dikaitkan secara sistematis dengan konsep caring economics yang sejalan dengan semangat gotong royong dan kebersamaan. Hasil validasi dan ujicoba prototipe desain pembelajaran dengan hasil penilaian sangat baik. Sementara itu hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk mengembangkan spirit of entrepreneurship (need for achievement, need for autonomy, creative tendency, drive & determination, dan risk taking) dan entrepreneurial intention (memiliki kesadaran untuk mewujudkan karakter wirausaha dalam dirinya, memiliki keyakinan diri dan motivasi yang kuat bahwa dapat membangun usaha) di perguruan tinggi. Mahasiswa dapat mengembangkan aspek kepedulian kepada sesama dan lingkungan setelah mengikuti pembelajaran kewirausahaan dengan model ini. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah produk yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam perkuliahan kewirausahaan berbasis caring economics untuk mengembangkan spirit of entrepreneurship dan entrepreneurial intention mahasiswa.   Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan beberapa hal: (1) perguruan tinggi dapat mewajibkan pelaksanaan perkuliahan kewirausahaan yang dapat menumbuhkan semangat kepedulian dan gotong royong pada seluruh program studi karena sangat relevan dengan visi dan misi yang ditetapkan institusi, (2) program studi dalam pengembangan pembelajaran kewirausahaan hendaknya dapat lebih intens membangun jejaring dengan stakeholder di masyarakat misalnya dengan para pelaku usaha di sekitarnya dan juga dengan para alumni yang berkecimpung dalam dunia wirausaha, khususnya wirausaha sosial, dan (3) dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan sebaiknya terus berinovasi mengembangkan pembelajaran secara terintegrasi dengan seluruh dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan di tingkat universitas sehingga mahasiswa benar-benar termotivasi untuk dapat menumbuhkan spirit of entrepreneurship dan entrepreneurial intention demi menjawab persoalan yang ada di masyarakat, tidak hanya sekedar mengejar nilai kelulusan dalam perkuliahan. Peneliti selanjutnya disarankan perlu adanya penelitian lanjutan untuk menguji efektifitas terhadap implementasi produk desain pembelajaran ini di lapangan. Peneliti selanjutnya juga dapat mengembangkan desain pembelajaran untuk aspek-aspek lain dalam pendidikan kewirausahaan misalnya ide dan peluang usaha, studi kelayakan usaha, merancang produk, merancang pemasaran, dan lain-lain yang diintegrasikan dengan materi caring economics.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263405

Actions (login required)

View Item View Item