Analisa perilaku pengunjung destinasi wisata di Maluku / Paulus Lamberthus Wairisal - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa perilaku pengunjung destinasi wisata di Maluku / Paulus Lamberthus Wairisal

Wairisal, Paulus Lamberthus (2020) Analisa perilaku pengunjung destinasi wisata di Maluku / Paulus Lamberthus Wairisal. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengalaman pengunjung terhadap perjalanan wisata akan menjadi kesan dan umumnya menjadi sebuah pembentukan image dan kemasan informasi yang akan dibagikan melalui pesan tentang cerita perjalanan dan tempat wisata yang dikunjunginya, melalui berbagai media yang dapat dijangkau. Cerita dan pesan tersebut menimbulkan niat bagi seseorang mengetahuinya dan ingin melakukan perjalanan wisata. Status social ekonomi sebagai pendukung dapat membuat seseorang melakukan tindakan kunjungan atau berprilaku untuk mengunjungi.  Kajian empiris tentang perilaku pengunjung destinasi wisata perlu dilakukan untuk memperkaya khasanah teori ekonomi perilaku, dan lingkungan social ekonomi, sehingga berkesinambungan seiring dengan perjalanan waktu. Objek penelitian ini pada daerah destinasi di Provinsi Maluku, penentuan sampel menggunakan cluster, dibagi dalam dua tahap. Tehnik pengambilan sampel secara insidentil. Responden adalah wisatawan yang ditemui pada saat berkunjung ke destinasi wisata yang berjumlah 220 orang, menggunakan metode analisa jalur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: (1) sikap pengunjung berpengaruh terhadap interaksi word of mouse, (2) sikap pengunjung berpengaruh terhadap citra destinasi wisata, (3) interaksi word of mouse berpengaruh terhadap citra destinasi, (4) sikap pengunjug berpengaruh terhadap niat berkunjug, (5) interaksi word of mouse berpengaruh terhadap niat berkunjung, (6) citra destinasi  berpengaruh terhadap niat berkunjung, (7) niat berkunjung berberpengaruh terhadap perilaku pengunjung, (8) status social ekonomi memoderasi berpengaruh terhadap niat berkunjung, (9) status social ekonomi memoderasi niat berkunjung berpengaruh terhadap  perilaku pengunjung, (10) interaksi antara status social ekonomi dan citra destinasi berpengaruh terhadap niat berkunjung, (11) interaksi antara status social ekonomi dan niat berkunjung berpengaruh terhadap perilaku pengunjung pada destinasi wisata Maluku. Hasil pengujian hipotesis membuktikan: (1) sikap pengunjung berpengaruh terhadap interaksi word of mouse pada destinasi wisata Maluku. variabel sikap pengunjung memiliki nilai t statistik/hitung lebih besar dari t tabel, hipotesis terbukti, sikap pengunjung berpengaruh terhadap word of mouse untuk membagi informasi destinasi wisata Maluku; (2) sikap pengunjung berpengaruh terhadap citra destinasi wisata Maluku. Variabel sikap pengunjung memiliki nilai t statistik/hitung lebih kecil dari t tabel, hipotesis tidak terbukti, sikap pengunjung tidak mampu meningkatkan citra destinasi wisata Maluku; (3) interaksi word of mouse berpengaruh terhadap citra destinasi wisata Maluku. Word of mouse membagi dan mencari informasi tentang destinasi wisata memiliki nilai t statistik/hitung lebih besar dari t tabel, hipotesis terbukti, sikap pengunjung berpengaruh dan mampu meningkatkan interaksi word of mouse membagi informasi destinasi wisata Maluku; (4) sikap pengunjung berpengaruh terhadap citra destinasi wisata Maluku. Sikap pengunjung memiliki nilai t statistik/hitung lebih besar dari t tabel, hipotesis terbukti, sikap pengunjung berpengaruh dan mampu meningkatkan citra destinasi wisata Maluku; (5) interaksi word of mouse berpengaruh terhadap niat berkunjung pada destinasi wisata Maluku. Variabel interaksi word of mouse membagi informasi memiliki nilai t statistik/hitung lebih kecil  dari t tabel, hipotesis tidak diterima, interaksi word of mouse membagi informasi tidak mampu meningkatkan niat berkunjung pada destinasi wisata Maluku; (6) citra destinasi wisata berpengaruh terhadap niat berkunjung pada destinasi wisata Maluku. Variabel citra destinasi wisata memiliki nilai t statistik/hitung lebih besar dari t tabel, hipotesis terbukti, citra destinasi berpengaruh dan mampu meningkatkan niat berkunjung pada destinasi wisata Maluku; (7) niat berkunjung berpengaruh terhadap perilaku pengunjung destinasi wisata Maluku. Niat berkunjung memiliki nilai t statistik/hitung lebih besar dari t tabel, hipotesis terbukti, niat berkunjung berpengaruh dan mampu meningkatkan perilaku pengunjung destinasi wisata Maluku; (8) status social ekonomi memoderasi citra destinasi terhadap niat berkunjung pada destinasi wisata Maluku. Citra destinasi wisata memiliki nilai t statistik/hitung lebih besar dari t tabel, hipotesis terbukti, citra destinasi wisata berpengaruh dimoderasi oleh status sosial ekonomi akan mampu meningkatkan niat berkunjung pada destinasi wisata Maluku; (9) status social ekonomi memoderasi niat berkunjung terhadap perilaku pengunjung destinasi wisata Maluku. Niat berkunjung memiliki nilai t statistik/hitung lebih besar dari t tabel, hipotesis terbukti, niat berkunjung berpengaruh dan dimoderasi oleh status sosial ekonomi mampu meningkatkan perilaku pengunjung pada destinasi wisata Maluku; (10) Interaksi antara citra destinasi wisata dan status sosial ekonomi berpengaruh terhadap niat berkunjung pada destinasi wisata Maluku. Interaksi antara citra destinasi wisata dan status sosial ekonomi terhadap niat berkunjung memiliki nilai t statistik/hitung lebih kecil dari t tabel, hipotesis tidak terbukti, interaksi antara citra destinasi wisata dan status sosial ekonomi tidak mampu meningkatkan niat berkunjung pada destinasi wisata Maluku; (11) interaksi antara niat berkunjung dan status social ekonomi berpengaruh terhadap perilaku pengunjung destinasi wisata Maluku. Interaksi antara niat berkunjung dan status social ekonomi terhadap perilaku pengunjung memiliki nilai t statistik/hitung lebih kecil dari t tabel, hipotesis tidak terbukti, interaksi antara niat berkunjung dan status sosial ekonomi tidak mampu meningkatkan perilaku pengunjung destinasi wisata Maluku. Setelah menganalisis dan mengetahui perilaku pengunjung destinasi wisata di Maluku maka dapat disarankan bagi; (1) para peneliti, akademisi bidang ekonomi, psikologi sosial, manajemen pemasaran, pariwisata, manajemen dan bahkan praktisi untuk mengkaji lebih mendalam masalah perilaku pengunjung wisata yang berhubungan dengan pengembangan bidang ekonomi maupun pendidikan ekonomi yang berkaitan dengan psikologi; (2) pengembangan persamaan jalur dari hasil penelitian ini yang relevan dan sesuai perkembangan zaman, untuk mengukur kemajuan ekonomi dari angka-angka statistik yang secara subjektif dan fenomena, kurang bermakna bagi kehidupan masyarakat; (3) Secara praktis disarankan bagi pengembang destinasi wisata, ekonomi atau penyusun kurikulum pendidikan ekonomi, untuk mempertimbangkan topik-topik bahasan pendidikan ekonomi yang bersesuaian dengan topik-topik yang dikaji dalam penelitian ini. Secara khusus untuk Pemerintah Daerah Provinsi Maluku untuk dapat memperhatikan 1). Sikap pengunjung tidak berpengaruh terhadap citra destinasi wisata Maluku dan 2) Interaksi word of mouse tidak berpengaruh terhadap niat berkunjung pada destinasi wisata Maluku.    

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263404

Actions (login required)

View Item View Item