Konstruksi model resiliensi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi / Muhammad Bukhori Dalimunthe - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi model resiliensi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi / Muhammad Bukhori Dalimunthe

Dalimunthe, Muhammad Bukhori (2021) Konstruksi model resiliensi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi / Muhammad Bukhori Dalimunthe. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi model resiliensi akademik mahasiswa sehingga diturunkan menjadi tujuh belas hipotesis yang terdiri dari sebelas jalur langsung dan enam jalur tidak langsung secara rinci telah dijelaskan pada riset ini. Responden merupakan mahasiswa pendidikan ekonomi yang aktif berkuliah di Medan. Penelitian ini melibatkan tiga kampus yang memiliki program studi pendidikan ekonomi yaitu Universitas Negeri Medan (N 407) Universitas HKBP Nomensen (N 170) dan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah (N 97). Teknik sampel menggunakan sampel total sehingga seluruh populasi menjadi responden (N 674). Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikembangkan berdasarkan teori-toeri yang major dan relevan untuk mengukur seluruh variabel laten dalam mengkonstruksi model. Kuesioner yang digunakan telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas sehingga layak digunakan untuk pengumpulan data. Tabulasi data yang diperoleh masih berjenis ordinal sehingga harus ditransformasi ke skala interval menggunakan teknik MSI. Structural equation model (SEM) dengan pendekatan partial least square digunakan sebagai analisis data. Temuan penelitian menunjukkan model pengukuran masing-masing variabel laten telah memenuhi pengujian SEM dengan melakukan eleminasi bagi manifes yang gagal memenuhi kriteria. Model struktural yang ditemukan telah terbukti model fit. Pengujian model pengukuran dan struktural telah dibahas secara komprehensif dalam disertasi. Selanjutnya pengujian tujuh belas hipotesis yang telah terbukti lima belas hipotesis diterima. Namun terdapat dua hipotesis yang ditolak yaitu (1) tidak terdapat pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap kecemasan akademik dan (2) tidak terdapat pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap resiliensi akademik melalui kecemasan akademik. Implikasi penelitian menyoroti peran dosen yang begitu berarti dalam memberikan dukungan akademik sebagai solusi coping strategi berfokus pada pemecahan masalah terbaik untuk memperkuat efikasi diri serta menurunkan kecemasan akademik yang pada gilirannya akan membentuk resiliensi akademik mahasiswa yang tangguh.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263394

Actions (login required)

View Item View Item