Pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis nilai-nilai pancasila / Baseran Nor - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis nilai-nilai pancasila / Baseran Nor

Nor, Baseran (2021) Pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis nilai-nilai pancasila / Baseran Nor. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam menanamkan karakter kepada generasi muda. Penanaman karakter ini sangat penting dilakukan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia yang mampu menghadapi kondisi degradasi moral etika dan budi pekerti yang disebabkan oleh globalisasi dan perkembangan teknologi yang cepat. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan 1) perangkat pembelajaran ekonomi Pancasila berupa RPS dan bahan ajar. 2) Sintaks model pembelajaran ekonomi Pancasila 3) Menguji efektivitas perangkat pembelajaran dalam rangka membangun karakater ekonomi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini meggunakan model pengembangan Dick amp Carey dengan 10 tahapan. Peneliti mendesain sintaks model pembelajaran Direct Instruction dipadukan dengan permainan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa RPS bahan ajar Ekonomi Pancasila dan sintaks model pembelajaran Ekonomi. Perangkat pembelajaran berupa RPS dan bahan ajar divalidasi oleh dua orang ahli desain pembelajaran dan materi pembelajaran satu orang praktisi dan enam orang mahasiswa yang tergabung dalam kelompok kecil dengan hasil bahwa perangkat pembelajaran (RPS dan bahan ajar) yang dikembangkan dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil penilaian tim observer bahwa sintaks model pembelajaran ekonomi sudah sesuai dengan model pembelajaran direct Instruction dan games. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji thitung -9 140 (9 140) dengan tingkat signifikansi 0 000 dan nilai ttabel 2 028 maka nilai thitung (9 140) gt ttabel (2 028) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai yang diperoleh sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran ekonomi berbasis nilai-nilai Pancasila. Rata-rata nilai ujian awal yang diperoleh mahasiswa sebesar 45 27 lebih kecil dibandingkan rata-rata nilai ujian akhir 81 49. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ekonomi yang dikembangkan mempunyai tingkat efektivitas yang baik dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa terhadap nilai-nilai ekonomi Pancasila. Mahasiswa memaksimalkan pemanfaatan bahan ajar sebagai sumber belajar di kelas berbasis ebook melalui media HP. Dosen dapat menerapkan model pembelajaran Ekonomi Pancasila sebagai salah satu cara menanamkan karakter ekonomi pada mahasiswa dalam proses pembelajaran. Program studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM dapat menetapkan Ekonomi Pancasila sebagai salah satu mata kuliah baru yang disediakan untuk mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263393

Actions (login required)

View Item View Item