Pengembangan model Problem Based Learning dipadu digital mind maps terhadap keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) dan penguasaan konsep anatomi fisiologi manusia / Nurkhairo Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model Problem Based Learning dipadu digital mind maps terhadap keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) dan penguasaan konsep anatomi fisiologi manusia / Nurkhairo Hidayati

Hidayati, Nurkhairo (2020) Pengembangan model Problem Based Learning dipadu digital mind maps terhadap keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) dan penguasaan konsep anatomi fisiologi manusia / Nurkhairo Hidayati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati,Nurkhairo.2019.PengembanganModelProblemBasedLearningdipaduDigitalMindMapsterhadapKeterampilan4C(criticalthinking,communication,collaboration,creativity)danPenguasaanKonsepAnatomiFisiologiManusia KataKunci:PBL,DigitalMindMaps,CriticalThinking,Communication,Collaboration,Creativity,PenguasaanKonsep Pengembanganketerampilan4C(criticalthinking,communication,collaboration,creativity)danpenguasaankonsepdapatdilihatsebagaikeharusandalambidangpendidikan.Pentingnyaketerampilan4Cdanpenguasaankonsepbelumdiimbangidenganprosespembelajaranyangmendukunghaltersebutkarenapendidikmungkintidakmemilikistrategipedagogisyangtepatuntukmelakukannya.HaliniterlihatdaribeberapapenelitianyangdilakukandiperguruantinggidiIndonesiayangmenunjukkanbahwacriticalthinking,communication,collaboration,creativitydanpenguasaankonsepmahasiswamasihperluditingkatkan.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakansebagaisolusiadalahproblembasedlearning(PBL).PBLmerupakanmodelpembelajaranaktifdenganmenggunakanmasalahsebagaistimulusdanberpusatpadapesertadidiksehinggaperanpendidiksebagaifasilitator.Sebagaimodelpembelajaranaktif,PBLjugamasihmemilikikelemahan.HasilpenelitianmemperlihatkanPBLtidakberbedanyatadenganmodelpembelajarantradisionaldalammeningkatkanpenguasaankonseppesertadidik.Selainitu,PBLjugatidakselalumampumeningkatkancriticalthinkingdanmengembangkancreativity.SebagaiupayauntukmengatasikelemahanPBLini,makadalampenelitianiniPBLdiintegrasikandengandigitalmindmaps(DMM).IntegrasiPBLdanDMM(PBLDMM)diharapkanmembantupendidikmenggunakanstrategipengajaranaktif.DMMdipandangkomplementerdenganpengimplementasianPBLdalamupayameningkatkanketerampilan4Cdanpenguasaankonsep.DMMmenawarkansesuatuyangbersifatefisien,dinamis,lingkunganbelajaryangtidakhanyaruangbelajarfisik.Pesertadidikdiberikansaranauntukmengembangkan,mengaturdanmenyusunide-idemerekamenggunakanketerampilanberpikirtingkattinggidandengandemikianmeningkatkanpemahamanmereka.Berdasarkanhalini,makapenelitianinibertujuanmenghasilkanprodukberupamodelPBLDMMyangdilengkapidenganperangkatpembelajaranuntukmeningkatkanketerampilan4Cdanpenguasaankonsepmahasiswabiologi.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembangandenganmengadaptasimodelPlompyangterdiridaritigafaseyaitu(1)preliminaryresearch;(2)developmentorprototypingphase;(3)assesmentphase.PadafasepreliminaryresearchdilakukanpengamatansecaracermatterhadapkondisipembelajaranyangsedangberlangsungpadamatakuliahAnatomiFisiologiManusia.Kegiatanyangdilakukanpadafasedevelopmentadalahperancanganbukumodeldanperangkatpembelajaran.Padafaseinijugadilakukanvalidasiterhadapbukumodeldanperangkatpembelajaranyangtelahdikembangkan.Faseterakhirdaripenelitian PengembanganModelProblemBasedLearningdipaduDigitalMindMapsterhadapKeterampilan4C(criticalthinking,communication,collaboration,creativity)danPenguasaanKonsepAnatomiFisiologiManusiaNurkhairoH idayati,PendidikanBiologiS3pengembanganiniadalahfaseassesmentyaituujicobauntukmenilaikepraktisandankeefektifandarimodeldanperangkatpembelajaranyangtelahdikembangkan.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurcriticalthinking,creativity,danpenguasaankonsepadalahtesessaisedangkanlembarobservasidigunakanuntukmengukurcommunicationdancollaborationskill.Data-datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptifdananalisiskovariat(anakova)dengantarafsignifikansi5%.HasilpenelitianmenunjukkanmodelPBLDMMyangdikembangkansudahdinyatakanvalid(3,76)dandapatdigunakandalamprosespembelajaran.Perangkatpembelajaranyangdigunakanjugasudahvaliddengannilai3,94untukrencanaperkuliahan,satuanacaraperkuliahan(3,64),danlembarkerjamahasiswa(3,86).Darisisikepraktisan,modelpembelajaranyangdikembangkansudahterlaksanasecarakonsistendenganFhitungpadaujikesejajaransebesar2,435dengantarafsignifikansisebesar0,123(>0,05)sedangkanFhitungpadaujikeberhimpitansebesar4,888dengantarafsignifikansisebesar0,010(

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263391

Actions (login required)

View Item View Item