Pengaruh model eliciting, restructuring, confirming, reflecting (ercore) berdasarkan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif calon guru biologi / Syamsiara Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model eliciting, restructuring, confirming, reflecting (ercore) berdasarkan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif calon guru biologi / Syamsiara Nur

Nur, Syamsiara (2021) Pengaruh model eliciting, restructuring, confirming, reflecting (ercore) berdasarkan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif calon guru biologi / Syamsiara Nur. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nur, Syamsiara. 2021. Pengaruh Model Eliciting, Restructuring, Confirming, Reflecting (ERCoRe) Berdasarkan kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Calon Guru. Disertasi. Program Doktor Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M. Pd, Pembimbing (II) Prof. Dr. Susriyati Mahanal, M. Pd, Pembimbing (III), Dr. Fatchur Rohman, M.Si. Kata Kunci : ERCoRe, Hasil Belajar kognitif, Kemampuan Akademik Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Keterampilan Kolaborasi Struktur hewan sebagai salah satu Mata kuliah di Perguruan Tinggi, memiliki topik kajian yang sangat beragam sehingga membutuhkan sebuah model pembelajaran untuk membantu mahasiswa calon guru dalam memberdayakan proses berpikirnya termasuk berpikir kreatif, dan bagaimana berkolaborasi antara satu dengan yang lainnya. Model pembelajaran sebaiknya mengarahkan mahasiswa untuk mengasah lebih dalam berpikir tingkat tingginya. Model pembelajaran ERCoRe yang terdiri dari 4 sintaks berpotensi meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran ERCoRe dan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif calon guru berkemampuan akademik berbeda pada mata kuliah Struktur Hewan pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Sulawesi Barat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif. Pengumpulan data keterampilan berpikir kreatif dilakukan dengan menggunakan tes essay, data keterampilan kolaborasi dengan observasi, dan data hasil belajar dengan tes essay. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial dengan anakova untuk keterampilan berpikir kreatif dan Hasil belajar kognitif, sementara keterampilan kolaborasi dianalisis dengan Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran ERCoRe berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif. (2) Kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif. Calon guru dengan kemampuan akademik atas mengalami peningkatan keterampilan berpikir kreatif sebesar 42,54%, keterampilan kolaborasi sebesar 72,63% dan hasil belajar kognitif sebesar 50,62%. (3). Interaksi antara model pembelajaran ERCoRe dan kemampuan akademik berbeda berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif. Keterampilan berpikir kreatif calon guru yang berkemampuan akademik bawah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ERCoRe lebih tinggi sebesar 59,18% dibandingkan kemampuan akademik atas pada pembelajaran konvensional, Keterampilan kolaborasi calon guru yang berkemampuan akademik bawah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ERCoRe lebih besar dengan nilai 68,53 dibandingkan kemampuan akademik atas model konvensional. Hasil belajar kognitif akademik bawah calon guru yang dibelajarkan dengan model ERCoRe sebesar 85,12% dibandingkan dengan akademik atas pada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ERCoRe memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan hasil belajar kognitif. Peneliti juga merekomendasikan model pembelajaran ERCoRe ini digunakan pada skala yang lebih luas, pada mata kuliah yang berbeda dan variabel penelitian yang berbeda pula terutama pada keterampilan berpikir tingkat tinggi lainnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263376

Actions (login required)

View Item View Item