Pengembangan model pembelajaran reading, connecting, observing, discussing, evaluating (recode) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi mahasiswa biologi / Sitti Saenab - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran reading, connecting, observing, discussing, evaluating (recode) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi mahasiswa biologi / Sitti Saenab

Saenab, Sitti (2021) Pengembangan model pembelajaran reading, connecting, observing, discussing, evaluating (recode) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi mahasiswa biologi / Sitti Saenab. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai oleh lulusan perguruan tinggi. Faktanya keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi mahasiswa tergolong rendah. Pembelajaran yang berlangsung selama ini umumnya belum memfasilitasi terbentuknya keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi mahasiswa padahal keterampilan-keterampilan tersebut dapat dilatihkan dan dikembangkan terpadu dengan pembelajaran yaitu dengan pengintegrasian ke model pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran yang spesifik melatihkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi perlu dilakukan sebagai usaha untuk menjawab tantangan pembelajaran masa depan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran reading connecting observing discussing evaluating (ReCODE) dan perangkat pembelajaran yang valid praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Prosedur pengembangan model pembelajaran terdiri atas preliminary research phase prototyping phase dan assessment phase. Komponen model pembelajaran terdiri atas sintaks sistem sosial sistem reaksi sistem pendukung dan dampak instruksional. Subjek uji coba adalah mahasiswa program studi pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar semester genap 2018/2019 pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Data kevalidan model diperoleh melalui instrumen validasi model. Data kepraktisan model diperoleh melalui instrumen keterlaksanaan komponen model dan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran dengan model ReCODE. Data keefektifan diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis dan lembar pengamatan keterampilan komunikasi mahasiswa angket respon dosen dan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran ReCODE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran reading connecting observing discussing evaluating (ReCODE) (1) valid dari hasil validasi ahli terhadap ReCODE dalam aspek dasar teori komponen-komponen model dan perangkat pembelajaran semuanya berada pada kategori valid (2) praktis hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan komponen model dan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran dinyatakan terlaksana dengan baik (3) efektif berdasarkan hasil pengujian meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa keterampilan komunikasi dan direspon positif oleh dosen dan mahasiswa. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran reading connecting observing discussing evaluating (ReCODE) valid praktis dan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi mahasiswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ReCODE dapat diterapkan untuk memfasilitasi keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263375

Actions (login required)

View Item View Item