Pengembangan model pembelajaran siri bugis makassar dalam memberdayakan karakter kepemimpinan, keterampilan berpikir kreatif, dan penguasaan konsep mahasiswa biologi / Asham Bin Jamaluddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran siri bugis makassar dalam memberdayakan karakter kepemimpinan, keterampilan berpikir kreatif, dan penguasaan konsep mahasiswa biologi / Asham Bin Jamaluddin

Jamaluddin, Asham Bin (2021) Pengembangan model pembelajaran siri bugis makassar dalam memberdayakan karakter kepemimpinan, keterampilan berpikir kreatif, dan penguasaan konsep mahasiswa biologi / Asham Bin Jamaluddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakter kepemimpinan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep mahasiswa Indonesia masih rendah. Oleh karena itu perlu sebuah solusi dan perlakuan dalam mengatasi permasalahan yang ada agar mahasiswa memiliki bekal yang dapat digunakan untuk bersaing di masa mendatang terutama dalam dunia kerja. Pemberdayaan karakter kepemimpinan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep mahasiswa dapat dilakukan melalui model pembelajaran yang dikembangkan berlandaskan nilai-nilai budaya Siri rsquo Bugis Makassar dan pembelajaran berbasis masalah yang kemudian disebut dengan model pembelajaran SIRI. Tujuan penelitian yaitu untuk menghasilkan model pembelajaran yang valid praktis digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif dalam memberdayakan karakter kepemimpinan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep biologi mahasiswa. Penelitian dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan pada bulan Februari 2019 hingga pemberian perlakuan selesai pada bulan Mei 2020 yang bertempat di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar pada matakuliah Fisiologi Hewan. Populasi penelitian adalah seluruh angkatan tahun 2019/2021 dan sampel penelitian adalah tiga kelas yang telah terpilih secara uji kesetaraan. Pengembangan model pembelajaran SIRI menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu Preliminary research (penelitian pendahuluan) Prototyping phase (fase pengembangan) dan Assessment phase (fase penilaian). Preliminary research (penelitian pendahuluan) adalah tahapan untuk menganalisis pentingnya mengembangkan model pembelajaran SIRI. Analisis yang dilakukan adalah analisis terhadap mahasiswa (profil awal karakter dan berpikir kreatif serta pemahaman budaya daerah) dan dosen (penerapan pembelajaran dalam pembentukan karakter pemahaman keterampilan abad 21 pembelajaran biologi pada MK Fisiologi Hewan dan integrasi pembelajaran dengan budaya) studi lapangan dan studi literatur. Prototyping phase (fase pengembangan) adalah tahapan desain dan pengembangan produk model pembelajaran SIRI dan pendukungnya (RPS SAP LKM dan Instrumen) dan tahapan Assessment phase (fase penilaian) adalah tahapan untuk menilai hasil pengembangan yang telah dilakukan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan model. Model pembelajaran SIRI sebelum digunakan model perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian divalidasi terlebih dahulu oleh ahli. Data karakter kepemimpinan didapatkan melalui lembar observasi dan penilaian diri sedangkan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep mahasiswa biologi diukur melalui soal tes terintegrasi pada MK Fisiologi Hewan. Data yang telah didapatkan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji Anova untuk menganalisis data karakter kepemimpinan dan uji Anakova untuk menganalisis data hasil keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep mahasiswa biologi. Selain model pembelajaran SIRI model pembelajaran PBL dan pembelajaran konvensional juga dilakukan dalam penelitian ini yang masing-masing sebagai pembanding kontrol positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan hal berikut (1) model pembelajaran SIRI yang dikembangkan telah valid dan reliabel. Model pembelajaran SIRI yang dikembangkan terdiri dari empat tahapan yaitu stimulation investigation review dan inference. Selain itu perangkat pembelajaran dan instrumen yang mendukung model pembelajaran SIRI juga telah valid dan reliabel sehingga model pembelajaran SIRI layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. (2) model pembelajaran SIRI praktis digunakan yang terlihat dari keterlaksanaan sintaks pada aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa yang mencapai skor 4.67 (Semua Terlaksana). Selain itu uji konsistensi keterlaksanaan sintaks juga menunjukkan model pembelajaran SIRI telah konsisten dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. (3) model pembelajaran SIRI berpengaruh terhadap karakter kepemimpinan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep mahasiswa biologi dan lebih baik dibandingkan model pembelajaran PBL dan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263374

Actions (login required)

View Item View Item