Pengembangan model pembelajaran predict observe explain based project (poep) dan pengaruhnya terhadap kesadaran metakognisi, keterampilan kolaborasi, kreativitas, dan penguasaan konsep biologi siswa SMA / Silfia Ilma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran predict observe explain based project (poep) dan pengaruhnya terhadap kesadaran metakognisi, keterampilan kolaborasi, kreativitas, dan penguasaan konsep biologi siswa SMA / Silfia Ilma

Ilma, Silfia (2021) Pengembangan model pembelajaran predict observe explain based project (poep) dan pengaruhnya terhadap kesadaran metakognisi, keterampilan kolaborasi, kreativitas, dan penguasaan konsep biologi siswa SMA / Silfia Ilma. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tantangan era revolusi industri 4.0 menuntut siswa untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi yang mumpuni. Keterampilan berpikir tersebut diantaranya kesadaran metakognisi keterampilan kolaborasi kreativitas dan penguasaan konsep Biologi siswa. Namun kenyataannya kegiatan pembelajaran masih berorientasi pada low order thinking (lots) semata. Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi masih kurang diperhatikan ditambah lagi kondisi saat ini yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah secara daring. Hal tersebut tentu jauh dari pandangan guru untuk memupuk keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Pembelajaran POEP yang dirancang secara daring akan mengakomodir keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Siswa perlu mengoptimalkan keterampilan dalam menggunakan teknologi untuk mampu bertahan dan bersaing secara global. Model pembelajaran POEP terdiri dari Predict-Design project Observe-Monitoring project dan Explain-Evaluate project. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran POEP yang valid praktis dan efektif dalam meningkatkan kesadaran metakognisi keterampilan kolaborasi kreativitas dan penguasaan konsep siswa. Pembelajaran POEP merupakan pembelajaran yang melibatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kolaborasi siswa integrasi strategi pembelajaran Predict Observe Explain kedalam pembelajaran proyek akan membantu siswa untuk melaksanakan kegaitan proyek yang berlangsung secara daring. Metode dalam penelitian ini adalah diawali dengan pengembangan model POEP dan penelitian kuasi eksperimen untuk menguji pengaruh penerapan pembelajaran POEP dalam memberdayakan kesadaran metakognisi keterampilan kolaborasi kreativitas dan penguasaan konsep biologi siswa. Pengembangan model pembelajaran mengacu pada prosedur ADDIE (analysis design develop implement evaluate). Desain penelitian kuasi eksperimen yaitu pretest-postest non-eqiuvalent control group design. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Desember 2021. Sampel penelitian terdiri dari 4 kelas dengan rincian 1 kelas eksperimen 2 kelas sebagai kontrol positif dan 1 kelas sebagai kontrol negatif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket MAI lembar observasi keterampilan kolaborasi tes uraian kreativitas tes penguasaan konsep lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan angket respons. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Google Classroom Google Form Google Meet dan WhatsApp. Analisis data menggunakan ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku model pembelajaran POEP memiliki kekuatan dalam memberdayakan kesadaran metakognisi keterampilan kolaborasi kreativitas dan penguasaan konsep siswa. (2) Model pembelajaran POEP yang telah dikembangkan sangat valid dengan persentase 96. Persentase validitas materi yaitu 89 58 kategori sangat valid. Persentase validitas silabus yaitu 100 kategori sangat valid. Persentase validitas RPP yaitu 96 42 kategori sangat valid. Persentase validitas LKS yaitu 97 91 kategori sangat valid. Persentase validitas instrumen MAI yaitu 85 71 kategori sangat valid. Persentase validitas instrumen keterampilan kolaborasi 92 85 kategori sangat valid. Persentase validitas instrumen kreativitas yaitu 88 88 kategori sangat valid. Persentase validitas tes penguasaan konsep yaitu 86 11 kategori sangat valid. (3) Model pembelajaran POEP telah teruji secara praktis. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji konsistensi keterlaksanaan sintaks yang menunjukkan bahwa pembelajaran POEP telah secara konsisten dilaksanakan dalam pembelajaran yang memberdayakan kesadaran metakognitif keterampilan kolaborasi kreativitas dan penguasaan konsep. Hasil angket respons siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran POEP. (4) Model pembelajaran POEP efektif dalam meningkatkan kesadaran metakognisi keterampilan kolaborasi kreativitas dan penguasaan konsep Biologi siswa. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran POEP lebih efektif dibanding model PjBL POE dan konvensional dalam meningkatkan kesadaran metakognisi dengan rerata terkoreksi sebesar 76 21. Keterampilan kolaborasi dengan rerata terkoreksi 96 676. Kreativitas dengan rerata terkoreksi 78 651. Penguasaan konsep biologi dengan rerata terkoreksi 73 937. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti merekomendasikan perlunya melakukan pengukuran literasi digital siswa untuk mendukung pembelajaran POEP secara daring. Selain itu perlu dilakukan implementasi pembelajaran POEP secara blended learning untuk memberdayakan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263372

Actions (login required)

View Item View Item