Yani, Ahmad (2021) Pengembangan monograf tentang bioremediasi air danau tempe menggunakan bakteri indigen sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, wawasan lingkungan, dan sikap lingkungan mahasiswa / Ahmad Yani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang semakin berat. Salah satu tantangan tersebut adalah bagaimana menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang terdidik dan berkualitas. Perguruan Tinggi sebagai salah satu lembaga yang berperan dalam peningkatan kualitas SDM perlu mengukur kemampuan lulusan yang dihasilkan agar memiliki kompetensi lulusan mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan. Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki mahasiswa yaitu keterampilan berpikir kritis namun keterampilan berpikir kritis mahasiswa masih tergolong rendah dan kurang diberdayakan dalam proses pembelajaran. Selain itu dibutuhkan pula kemampuan individu dalam menghadapi permasalahan sosial diantaranya environment awareness yakni kemauan dan kepedulian untuk menjaga lingkungan sekitar. Fakta di lapangan pencemaran lingkungan yang terjadi semakin meningkat setiap tahunnya. Permasalahan tersebut muncul karena ketidakmampuan manusia dalam mengembangkan tata nilai yang baik kemampuan berpikir kritis gaya hidup dan pola pikir harmonis dengan lingkungan. Mahasiswa sebagai generasi penerus diharapkan mampu menanggulangi masalah lingkungan namun wawasan lingkungan mahasiswa masih tergolong rendah sehingga mempengaruhi sikap terhadap lingkungan. Pembelajaran di beberapa perguruan tinggi belum memanfaatkan secara optimal lingkungan sebagai sumber belajar khususnya potensi lokal. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan monograf berbasis penelitian bioremediasi air danau Tempe menggunakan bakteri indigen yang valid praktis dan efektif. Pencarian agen bioremediasi diawali dengan uji parameter fisik-kimia dan uji logam berat sebagai dasar lokasi pengambilan sampel bakteri indigen. Penelitian juga mengkaji keefektifan monograf untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis wawasan lingkungan dan sikap terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE menurut Branch terdiri atas lima tahap yakni analyze (menganalisis) design (merancang) develop (mengembangkan) implement (melaksanakan) dan evaluate (mengevaluasi). Tahap analyze dilakukan dengan menganalisis kebutuhan sumber belajar pada mahasiswa prodi pendidikan biologi yang telah memprogramkan mata kuliah biologi lingkungan di Universitas Puangrimaggalatung melalui observasi dan pengisian angket. Tahap desain merancang outline bagian awal bagian isi dan bagian akhir monograf. Tahap develop dilakukan penelitian uji kualitas air danau Tempe isolasi bakteri indigen sebagai agen bioremediasi dan pengembangan monograf. Tahap implement dilakukan uji coba produk pengembangan untuk melihat keefektifan monograf dengan menggunakan desain penelitian non randomized control-group pretest-posttest design. Implementasi dilakukan pada mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah biologi lingkungan prodi Pendidikan Biologi di Universitas Puangrimaggalatung terdiri dari satu kelas kontrol (25 orang) dan satu kelas perlakuan (26 orang) tahun akademik 2020/2021. Variabel yang diukur adalah keterampilan berpikir kritis menggunakan instrumen soal keterampilan berpikir kritis mahasiswa wawasan lingkungan menggunakan instrumen skala New Ecological Paradigm dan sikap lingkungan menggunakan skala Environment Attitude Inventory. Tahap Evaluate menganalisis hasil implementasi. Data dalam penelitian ini berupa analisis kevalidan kepraktisan dan keefektifan monograf yang dikembangkan. Analisis data keefektifan monograf menggunakan uji Ancova satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian tahap analyze menunjukkan bahwa sumber belajar yang digunakan belum optimal memberdayakan keterampilan berpikir kritis. 34 48% mahasiswa sulit memahami materi. 54 20% menyatakan sumber belajar yang digunakan belum sepenuhnya mendukung wawasan lingkungan mahasiswa. 43 51% sumber belajar yang digunakan dosen belum memenuhi indikator sikap lingkungan. Hasil penelitian tahap desain diperoleh rancangan monograf berbasis riset dan perangkat pembelajaran berupa RPS SAP dan LKM. Hasil penelitian tahap develop telah dikembangkan monograf berdasarkan hasil penelitian eksploratif dan perangkat pembelajaran yang telah diuji kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian eksploratif 1) beberapa parameter fisik-kimia air danau Tempe yang diukur melebihi ambang batas dan berstatus tercemar sedang 2) telah berhasil diisolasi bakteri indigen danau Tempe pereduksi Pb empat isolat Cd enam isolat dan pendegradasi deterjen enam isolat 3) hasil uji reduksi Pb Cd dan deterjen diperoleh tiga isolat paling potensial sebagai agen bioremediasi 4) hasil identifikasi menggunakan sekuen 16s rDNA spesies ketiga bakteri indigen tersebut memiliki tingkat similarity 99% dengan Comamonas testosteroni strain S-2 (pereduksi Pb) Bacillus albus MCC 1A02146 (pereduksi Cd) dan Comamonas testosteroni strain NBRC 14951 (pendegradasi deterjen) 5) Uji konsorsium menunjukkan bahwa C. testosteroni strain S-2 B. albus strain MCC 1A02146 merupakan konsorsium bakteri yang efektif mereduksi Pb Cd dan pendegradasi deterjen. Monograf berbasis riset memenuhi kriteria kevalidan menurut ahli materi (99 17%) dan ahli pengembangan media (99 24%) dengan kategori sangat valid 3) dari segi kepraktisan memiliki nilai sebesar 82 92% dengan kategori praktis. Hasil tahap implement menunjukkan terdapat perbedaan rerata nilai tes awal dan tes akhir keterampilan berpikir kritis wawasan lingkungan dan sikap lingkungan. Hasil tahap Evaluate menunjukkan bahwa monograf berbasis riset efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis wawasan lingkungan namun tidak efektif meningkatkan sikap lingkungan. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa monograf berbasis riset dapat digunakan sebagai sumber belajar dan memenuhi kriteria pengembangan bahan ajar yang valid praktis serta efektif. Selain itu monograf ini dapat direkomendasikan sebagai salah satu alternatif sumber belajar yang efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan wawasan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |