Pengaruh pembelajaran kimia dengan model pbl pada materi zat aditif terintegrasi nilai - nilai agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa madrasah aliyah / Achmad Barik Marzuq Alias A'am - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kimia dengan model pbl pada materi zat aditif terintegrasi nilai - nilai agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa madrasah aliyah / Achmad Barik Marzuq Alias A'am

A'am, Achmad Barik Marzuq Alias (2020) Pengaruh pembelajaran kimia dengan model pbl pada materi zat aditif terintegrasi nilai - nilai agama islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa madrasah aliyah / Achmad Barik Marzuq Alias A'am. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada Era modern saat ini banyak bermunculan produk-produk formulasi dan makanan siap saji yang bervariasi. Produk makanan modern tersebut sangat diminati masyarakat khususnya makanan siap saji (Junk Food dan Street Foof). Data web dinkes magelangkota.go.id pada 2 April 2018 mendeskripsikan bahwa ditemukan 52 jajanan kantin yang mengandung zat berbahaya dan apabila dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatan. Tafsir Ilmi tentang makanan dan minuman menyebutkan bahwa makanan yang halal dan baik apabila dikonsumsi juga dapat mempengaruhi aspek spiritual moral dan karakter seseorang. Berdasar pada deskripsi tersebut peneliti ingin melakukan inovasi proses pembelajaran berupa integrasi pada materi kimia dengan nilai-nilai Islam. Bentuk integrasi tertuang pada rancangan RPP dan instrumen pembelajaran yang akan diujikan dengan menggunakan model pembelajar Problem Based Learning (PBL) dan bertempat di MAN Kota Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kimia dengan model PBL pada materi zat aditif terintegrasi nilai-nilai agama Islam terhadap hasil belajar siswa. Program penelitian yang di gunakan adalah eksperimen semu dengan fokus materi kimia zat aditif yang terintegrasi dengan nilai-nilai Agama Islam serta diaplikasikan dengan model PBL. Penelitian dilaksanakan di MAN Kota Pasuruan dengan mengambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Pada kelas eksperimen dibelajarkan dengan model PBL pada materi zat aditif terintegrasi nilai-nilai agama Islam sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model PBL pada materi zat aditif. Sebelum tahap implementasi peneliti mengembangkan terlebih dahulu RPP dan instrumen penelitian yang kemudian dilakukan validasi dan uji coba terlebih dahulu sebelum digunakan. Berdasar data hasil belajar siswa dan diuji dengan ANACOVA ada signifikansi yaitu lt 0 05 sebesar 0 001 yang berarti H0 (Kelas Kontrol) ditolak dan H1 (Kelas Eksperimen) diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kimia terintegrasi nilai-nilai agama Islam dengan model PBL terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan rata-rata N-Gain Score untuk Kelas Eksperimen adalah 68% sedangkan kelas kontrol 55% sehingga dapat dikategorikan ada pengaruh pembelajaran kimia materi zat aditif terintegasi nilai-nilai Agama Islam. Dapat disimpulkan bahwa Proses kegiatan belajar pembelajaran kimia materi zat aditif terintegrasi nilai-nilai Islam dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasar hasil penelitian juga diberikan saran bahwa banyak hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa selain model pembelajaran yang digunakan. Guru diharapkan dapat menggunakan kurikulum mata pelajaran dengan mengintegrasikan dengan nilai-nilai agama Islam dan bagi madrasah pembelajaran kimia terintegrasi nilai-nilai Agama Islam dapat meningkatkan nilai agademik serta membangun moral dan karakter siswa sesuai nilai-nilai Agama Islam

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S3 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263364

Actions (login required)

View Item View Item