Disposisi berpikir produktif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan dan pola geometris / Yayan Eryk Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Disposisi berpikir produktif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan dan pola geometris / Yayan Eryk Setiawan

Setiawan, Yayan Eryk (2020) Disposisi berpikir produktif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan dan pola geometris / Yayan Eryk Setiawan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang baik terhadap suatu pengetahuan di matematika melalui generalisasi. Salah satu materi generalisasi adalah pola bilangan dan pola geometris. Para peneliti menglasifikasikan pola bilangan dan pola geometri menjadi pola berulang dan pola berkembang. Pola berulang didefinisikan sebagai pola yang memiliki satuan pengulangan, sedangkan pola berkembang didefinisikan sebagai pola yang tumbuh dari waktu ke waktu yang melibatkan perkembangan dari langkah ke langkah. Pola berkembang dapat berupa pola linier dan pola kuadratik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa maupun mahasiswa masih banyak mengalami kegagalan dalam menggeneralisasi pola kuadratik. Namun, usaha-usaha penelitian untuk mengatasi masalah kegagalan generalisasi pola selama ini masih fokus pada kemampuan berpikir dari pada disposisi berpikir. Ini artinya masih dibutuhkan penelitian tentang disposisi berpikir. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi berpikir ini juga memengaruhi keberhasilan seseorang dalam belajar matematika. Peneliti menduga bahwa kegagalan maupun keberhasilan dalam menggeneralisasi pola disebabkan oleh disposisi berpikir mahasiswa, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mempelajari disposisi berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan dan pola geometris. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus guna mengembangkan suatu teori disposisi berpikir dalam menyelesaikan masalah pola bilangan dan pola geometris, khususnya disposisi berpikir produktif. Alasan peneliti memilih disposisi berpikir produktif didasarkan bahwa disposisi berpikir produktif ini menunjukkan perilaku seseorang yang sesuai dengan kemampuan berpikirnya. Subjek penelitian ini adalah tiga mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang yang berhasil memberikan beberapa alternatif solusi masalah pola bilangan dan pola geometris. Data penelitian ini adalah hasil pekerjaan subjek dalam menyelesaikan masalah pola bilangan dan pola geometris, transkrip think aloud, dan transkrip wawancara. Data dianalisis melalui pengkodean berdasarkan komponen-komponen disposisi berpikir yang terdiri dari keingintahuan, kemampuan, kreativitas, ketelitian, dan keyakinan guna memperoleh deskripsi tentang disposisi berpikir produktif subjek dalam menyelesaikan masalah pola bilangan dan pola geometris. Kelima komponen disposisi berpikir ini saling independent, tetapi kelima komponen tersebut terkait satu sama lain untuk membentuk suatu proses dari disposisi berpikir produktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis disposisi berpikir produktif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan yaitu disposisi berpikir prosedural dan disposisi berpikir konseptual, sedangkan untuk disposisi berpikir produktif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pola geometris hanya ada satu jenis, yaitu disposisi berpikir analitis. Penciri utama dari subjek yang memiliki disposisi berpikir prosedural adalah cenderung menggunakan aturan, algoritma, atau prosedur yang tepat, efisien, dan efektif dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Penciri utama dari subjek yang memiliki disposisi berpikir konseptual adalah cenderung menerapkan konsep-konsep dari pola untuk menyelesaikan masalah pola bilangan. Penciri utama dari subjek yang memiliki disposisi berpikir analitis adalah cenderung menganalisis struktur pola dalam gambar untuk menyelesaikan masalah pola geometris. Lebih lanjut hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki disposisi berpikir prosedural memiliki keingintahuan terhadap masalah dan alternatif solusinya dikaitkan dengan pengetahuan prosedur yang pernah dipelajarinya, memiliki kemampuan yang berupa kapasitas memahami dan menyelesaikan masalah didominasi oleh kemampuan menerapkan pengetahuan prosedur penyelesaian masalah pola bilangan, memiliki kreativitas yang berupa kapasitas untuk memunculkan ide-ide baru didominasi oleh pengembangan prosedur penyelesaian masalah, memiliki ketelitian yang berupa kecenderungan berhati-hati dalam menyelesaikan masalah didominasi dengan mengecek kembali langkah-langkah penyelesaian masalah, dan memiliki keyakinan bahwa alternatif solusi yang diberikan benar didasarkan pada penggunaan prosedur yang benar dan hasil mengecek kembali langkahlangkah dalam penyelesaian masalah. Sedangkan subjek yang memiliki disposisi berpikir konseptual memiliki keingintahuan terhadap masalah dan alternatif solusinya dikaitkan dengan pengetahuan konseptual yang pernah dipelajarinya, memiliki kemampuan yang berupa kapasitas memahami dan menyelesaikan masalah didominasi oleh kemampuan menerapkan pengetahuan konseptual dalam menyelesaikan masalah pola bilangan, memiliki kreativitas yang berupa kapasitas untuk memunculkan ide-ide baru didominasi oleh penggabungan konsep-konsep yang berbeda tentang pola bilangan, memiliki ketelitian yang berupa kecenderungan berhati-hati dalam menyelesaikan masalah didominasi dengan menguji kesesuaian hasil generalisasi yang berupa rumus suku ke-n dengan suku-suku yang diketahui, dan memiliki keyakinan bahwa alternatif solusi yang diberikan benar didasarkan pada penerapan konsep pola bilangan yang benar dan hasil mengecek kembali kesesuaian hasil generalisasi. Selanjutnya subjek yang memiliki disposisi berpikir analitis memiliki keingintahuan terhadap masalah dan alternatif solusinya dikaitkan dengan konteks geometri, memiliki kemampuan yang berupa kapasitas memahami dan menyelesaikan masalah didominasi oleh kemampuan menganalisis dalam menyelesaikan masalah pola geometris, memiliki kreativitas yang berupa kapasitas untuk memunculkan ide-ide baru didominasi oleh cara-cara menganalisis struktur pola yang ada dalam gambar geometris, memiliki ketelitian yang berupa kecenderungan berhati-hati dalam menyelesaikan masalah didominasi dengan kecermatan dalam menemukan struktur pola yang ada dalam gambar geometris serta menguji hasil generalisasi pola ke-n dengan menggambar pola keempat, dan memiliki keyakinan bahwa alternatif solusi yang diberikan benar didasarkan pada ditemukannya struktur pola yang ada dalam gambar geometris dan hasil mengecek kembali kesesuaian hasil generalisasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263359

Actions (login required)

View Item View Item