Penalaran proporsional mahasiswa dalam menyelesaikan masalah multiplikatif konteks beragam berdasarkan teori apos / Indah Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penalaran proporsional mahasiswa dalam menyelesaikan masalah multiplikatif konteks beragam berdasarkan teori apos / Indah Wahyuni

Wahyuni, Indah (2021) Penalaran proporsional mahasiswa dalam menyelesaikan masalah multiplikatif konteks beragam berdasarkan teori apos / Indah Wahyuni. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam pembelajaran matematika penalaran proporsional merupakan dasar untuk mempelajari matematika di tingkat yang lebih tinggi seperti pecahan aljabar kesebangunan dan peluang. Penelitian tentang penalaran proporsional dalam pembelajaran matematika telah banyak dilakukan. Namun penelitian-penelitian tersebut belum mengkaji proses penalaran proporsional mahasiswa dalam menyelesaikan masalah multiplikatif konteks beragam berdasarkan teori APOS (Aksi Proses Objek dan Skema). Dengan demikian dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penalaran proporsional mahasiswa dalam menyelesaikan masalah multiplikatif konteks beragam berdasarkan teori APOS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 59 mahasiswa Tadris Matematika IAIN Jember yang berpartisipasi dalam mengerjakan lembar tes secara individual dengan think aloud dan diperoleh 11 mahasiswa yang memiliki penyelesaian benar. Dari 11 mahasiswa tersebut dipilih 5 orang subjek dengan kriteria memiliki kemampuan think aloud dan komunikasi yang lancar. Instrumen dalam penelitian ini berupa Tugas Pemecahan Masalah tentang Penalaran Proporsional (TPMPP) yang terdiri atas satu masalah tentang pola kalung pedoman wawancara dan peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan teori APOS dengan menranskripsi data mereduksi mengategori data dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan dua teman. Pertama terdapat tiga tipe penalaran proporsional yaitu Formal Meaning Based Approach (FMBA) Formal Direct Translation Approach (FDTA) dan Informal. Ke dua terdapat enam tahapan proses penalaran proporsional mahasiswa dalam menyelesaikan masalah multiplikatif konteks beragam yang dikaji berdasarkan Teori APOS yaitu (1) mengidentifikasi (2) menghubungkan (3) mengoperasikan (4) membandingkan (5) menyimpulkan dan (6) menggeneralisasi. Kata kunci Penalaran proporsional Masalah multiplikatif Konteks beragam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263346

Actions (login required)

View Item View Item