Pengembangan model pembelajaran berbasis metacognitive questions (mq) untuk mendukung keterampilan problem posing Mahasiswa calon Guru / Sinta Verawati Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran berbasis metacognitive questions (mq) untuk mendukung keterampilan problem posing Mahasiswa calon Guru / Sinta Verawati Dewi

Dewi, Sinta Verawati (2021) Pengembangan model pembelajaran berbasis metacognitive questions (mq) untuk mendukung keterampilan problem posing Mahasiswa calon Guru / Sinta Verawati Dewi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memfasilitasi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengajukan pertanyaan yang berkualitas dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Metacognitive Questions dianggap tepat untuk dijadikan model pembelajaran karena mengandung unsur-unsur yang mampu mendeteksi letak kesulitan mahasiswa dan menampung mahasiswa yang malu untuk bertanya langsung kepada dosen (pasif). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model pembelajaran Metacognitive Questions yang valid praktis dan efektif yang mendukung keterampilan problem posing mahasiswa calon guru.Penelitian ini dilakukan terhadap 27 mahasiswa calon guru matematika semester III Universitas Siliwangi Tasikmalaya dengan kemampuan akademik yang beragam (divergen). Kalkulus integral dipilih sebagai mata kuliah dalam penelitian ini dengan alasan partisipasi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut cenderung pasif dibandingkan dengan partisipasi mahasiswa pada mata kuliah yang lainnya selain itu kemampuan problem posing mahasiswa ketika mengikuti perkuliahan kalkulus masih sangat rendah.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Plomp (2010) melalui 3 tahap penelitian yaitu tahap penelitian awal tahap perancangan dan tahap penilaian. Pengumpulan data diperoleh pada tahap perancangan melalui pengujian instrumen kemudian dianalisis untuk melihat validitas kepraktisan dan keefektifan data. Nilai pada aspek validitas diperoleh dari validator terhadap model pembelajaran modul pegangan dosen model LKM dan RPP. Nilai pada aspek kepraktisan diperoleh dari dosen pengamat pada lembar pengamatan keterlaksanaan model. Nilai pada aspek keefektifan diperoleh dari tes (mengenai penguasaan materi ajar dan kualitas problem posing) lembar pengamatan aktivitas mahasiswa dan angket respon mahasiswa.Hasil validasi model pembelajaran dan perangkat pendukung yang dinilai oleh dua orang validator telah memenuhi kriteria valid. Langkah selanjutnya adalah menguji model dan perangkat di lapangan untuk mendapatkan data kepraktisan dan keefektifannya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada uji coba pertama hanya aspek keefektifan saja yang belum terpenuhi. Dengan kata lain model pembelajaran Metacognitive Questions belum mendukung terhadap problem posing mahasiswa. Pada uji coba kedua model pembelajaran Metacognitive Questions memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Artinya penelitian pengembangan yang dilakukan telah berhasil sesuai kriteria yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263339

Actions (login required)

View Item View Item