Patterns of relationships among aspects of teacher cognition (knowledge,belief,atitude,and self-efficacy) and use of ict in elt / Gusti Nur Hafifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Patterns of relationships among aspects of teacher cognition (knowledge,belief,atitude,and self-efficacy) and use of ict in elt / Gusti Nur Hafifah

Hafifah, Gusti Nur (2020) Patterns of relationships among aspects of teacher cognition (knowledge,belief,atitude,and self-efficacy) and use of ict in elt / Gusti Nur Hafifah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola hubungan yang ada di antara kognisi guru (pengetahuan, keyakinan, sikap, dan kepercayaan diri) pada penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran bahasa Inggris dan mengungkapkan hubungan yang terjadi di antara variabel, serta sejauh mana kontribusinya pada penggunaan TIK dalam  konteks pendidikan tinggi. Mengetahui konstruksi mental guru dan mengekplorasi tingkat kognisi guru dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional mereka sebagai pendidik di era pengajaran bahasa Inggris abad kedua puluh satu merupakan hal yang penting. Penelitian ini juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengetahuan tentang teori kognisi guru, karena penelitian sebelumnya yang mengeksplorasi aspek kognisi guru sebagai kesatuan konsep terkait dengan penggunaan TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris masih parsial dan terbatas, khususnya di level pendidikan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis SEM. Instrumen penelitian berupa angket, dikembangkan dengan mengkaji beberapa teori dan instrument penelitian terdahulu, serta melalui beberapa prosedur validitas dan reliabilitas. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dengan aplikasi Google-Form selama sebulan. Sampel penelitian ini adalah 373 dosen yang mengajar bahasa Inggris di universitas di 28 dari 34 provinsi di Indonesia. Data dianalisa berdasarkan prosedur metode analisis SEM (Structural Equation Model) menggunakan perangkat lunak SMART_PLS versi 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh pola hubungan yang signifikan di antara variabel-variabel kognisi guru. Model hubungan yang terdapat di antara aspek-aspek kognisi guru (pengetahuan, keyakinan, sikap, kepercayaan diri) terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris menunjukkan bahwa (1) pengetahuan TIK memiliki konstribusi langsung yang positif dan signifikan terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris; (2) Pengetahuan TIK memiliki konstribusi yang positif dan signifikan terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui mediasi kepercayaan diri pada TIK; (3) Pengetahuan TIK memiliki konstribusi yang positif dan signifikan terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui mediasi sikap terhadap TIK dan kepercayaan diri pada TIK; (4) Pengetahuan TIK memiliki konstribusi yang positif dan signifikan terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui mediasi keyakinan pada TIK, sikap terhadap TIK, dan kepercayaan diri terhadap TIK; (5) Keyakinan pada TIK akan memiliki konstribusi yang positif dan signifikan terhadap penggunaan TIK jika dimediasi oleh kepercayaan diri pada TIK melalui sikap terhadap TIK. Keyakinan pada TIK memiliki konstribusi yang positif dan signifikan terhadap sikap pada TIK, tetapi memiliki konstribusi negatif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan diri dan penggunaan TIK. Namun, keyakinan pada TIK akan memiliki konstribusi yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri pada TIK jika dimediasi oleh sikap terhadap TIK, dan (6) Sikap terhadap TIK akan memiliki konstribusi yang positif dan signifikan terhadap penggunaan TIK hanya jika dimediasi oleh kepercayaan diri pada TIK. Sikap terhadap TIK memiliki konstribusi positif tetapi tidak signifikan terhadap penggunaan TIK. Yang terakhir, (7) Kepercayaan diri pada TIK memiliki konstribusi langsung yang positif dan signifikan terhadap penggunaan TIK. Yang tidak terduga dari temuan penelitian ini adalah tentang keyakinan guru terhadap TIK yang tidak berkontribusi pada penggunaan TIK kecuali dimediasi oleh sikap dan kepercayaan diri terhadap TIK. Keyakinan dan sikap terhadap TIK bukanlah  prediktor yang siknifikan terhadap penggunaan TIK. Hal ini menjadi kebaruan dari penelitian ini karena banyak penelitian sebelumnya yang masih menggunakan keyakinan pada TIK sebagai predictor penggunan TIK dalam pemebelajran bahasa Inggris. Kesimpulannya, hipotesa penelitian ini terbukti benar, bahwa guru/dosen harus memiliki pengetahuan yang baik tentang TIK sehingga memunculkan keyakinan yang kuat terhadap TIK dan mendorong sikap positif mereka terhadap TIK dan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menggunakan TIK pada pembelajaran bahasa Inggris. Pengetahuan dan kepercayaan diri terhadap TIK menjadi dua faktor penting yang mempengaruhi penggunaan TIK dalam pembelajaran. Untuk itu program pengembangan profesi guru/dosen perlu memfokuskan pada peningkatan level pengetahuan dan kepercayaan diri guru/dosen dengan lebih memfasilitasi kegiatan pembinaan dan mentoring dalam rangka memperbaiki literasi TIK guru/dosen serta meningkatkan intensitas penggunaan TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris. Selanjutnya, dukungan lembaga dan juga fasilitas perlu diperbaiki untuk memberi lebih banyak kesempatan bagi guru/dosen memanfaatkan TIK untuk pembelajaran bahasa Inggris, khususnya di tingkat pendidikan tinggi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263338

Actions (login required)

View Item View Item