The classroom English proficiency of English teachers in Indonesia / Iswandany Kaslan - Repositori Universitas Negeri Malang

The classroom English proficiency of English teachers in Indonesia / Iswandany Kaslan

Kaslan, Iswandany (2020) The classroom English proficiency of English teachers in Indonesia / Iswandany Kaslan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kaslan Iswandany. 2020. Profisiensi Bahasa Inggris di dalam Kelas Guru-guru Bahasa Inggris di Indonesia. Program Doktor Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Promotor (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (2) Dr.Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. (3) Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata Kunci Profisiensi Bahasa Inggris di dalam Kelas Penelitian ini tentang Profisiensi Bahasa Inggris di dalam Kelas bukan Profisiensi Bahasa Inggris Secara Umum dari guru-guru Bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah atas. Profisiensi dimaksud terdiri dari tiga komponen yaitu pengetahuan konten pengetahuan pedagogis dan ketrampilan diskors. Tujuan penelitian adalah mengukur tingkat pengetahuan dan ketrampilan dimaksud dan menverifikasi hubungan antara keduannya dan kemudian pada akhirnya menyimpulkan apa yang diperlukan oleh para guru untuk mendukung mereka mengajar secara efektid di dalam kelas. Sample populasi dari penelitian adalah 42 guru sekolah menengah atas yang sekarang ini aktif mengajar di berbagai sekolah dan merupakan anggota dari kelompok MGMP Bahasa Inggris di Kota Jambi. Pada tahap pertama penelitian para guru dimaksud mengambil tes yang dinamakan Tes Profisiensi Bahasa Inggris di dalam Kelas sebuah tes kertas dan pensil yang merupakan adaptasi dan disusun secara khusus untuk penelitian ini. Pada tahap kedua penelitian berdasarkan nilai dari tes empat guru dipilih untuk diobservasi Ketika mengajar di dalam kelas. Interview juga dilakukan untuk memverifikasi hasil temuan pada tes dan observasi kelas. Hasil dari tahap pertama penilitian menunjukan nilai rata-rata keseluruhan tes 50.2 (50%) dengan nilai rata-rata Pengetahuan Konten 27.8 (48%) and nilai rata-rata Pengetahuan Pedagogis 22.4 (52%). Dari 42 peserta hanya tujuh peserta (17%) yang mampu mencapa nilai 60% atau lebih. Dari tahap kedua penelitian hanya satu dari empat guru yang diobservasi yang mampu menunjukan tingkat ketrampilan diskors yang memuaskan untuk mengajar secara efektif di dalam kelas. Hasil temuan mengungkapkan bahwa Sebagian besar guru tidak memiliki pengetahuan Kontent dan Pegagogis yang memadai yang dapat memdukung mereka berfungsi secara efektif Ketika mengajar di dalam kelas. Ketidak memadai ini tercermin dalam bahasa Inggris yang digunakan di dalam kelas (ketrampilan diskors) ketika mengajar. Guru dengan pengetahuan yang memadai menunjukan penggunaan Bahasa Inggris di dalam kelas yang memuaskan sedemikian rupa sehingga dia dapat mengajar dengan lebih efektif. Sebaliknya guru-guru dengan pengetahuan yang kurang memadai berfungsi secara kurang memuaskan di dalam kelas dalam hal penggunaan Bahasa Inggris di dalam kelas. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah kenyataan bahwa para guru membutuhkan pengetahuan Konten dan Pedagogis yang memadai agar dapat tampil dengan ketrampilan diskors yang memuaskan Ketika mengajar di dalam kelas dan akhirnya mampu berfungsi dengan efektif. Satu implikasi dari kesimpulan tersebut adalah kebutuhan yang mendesak untuk meninjau ulang kurikulum program persiapan para calon guru yang ada. Implikasi lainnya adalah penggunaan tes yang lebih spesifik dan bukan yang umum yang dengan sungguh-sungguh mampu mengukur profisiensi Bahasa Inggris di dalam kelas para guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263336

Actions (login required)

View Item View Item