Academic reading engagement in the context of EFL teacher education / Made Frida Yulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Academic reading engagement in the context of EFL teacher education / Made Frida Yulia

Yulia, Made Frida (2020) Academic reading engagement in the context of EFL teacher education / Made Frida Yulia. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterlibatan membaca sangatlah penting ketika para murid melakukan membaca akademik suatu kegiatan yang tidak dapat dielakkan dalam konteks akademik dan penting untuk kesuksesan belajar. Keterlibatan membaca ini memampukan mereka untuk meluangkan lebih banyak waktu dan upaya dalam kegiatan membaca tersebut dan akibatnya meningkatkan performa membaca mereka. Konstruk ini terdiri dari empat dimensi yaitu dimensi perilaku afektif kognitif dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterlibatan membaca akademik dalam konteks pendidikan calon guru Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Secara khusus penelitian ini mengungkap praktik-praktik keterlibatan membaca akademik dari mahasiswa calon guru Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam kaitannya dengan empat dimensi keterlibatan membaca serta mendeskripsikan bagaimana pandangan para pendidik calon guru Bahasa Inggris terhadap keterlibatan membaca akademik dari para mahasiswa calon guru Bahasa Inggris yang diasuhnya ditinjau dari keempat dimensi tersebut. Pemasalahan penelitian diformulasikan sebagai berikut (1) Bagaimana mahasiswa calon guru Bahasa Inggris sebagai bahasa asing mempraktikkan keterlibatan membaca akademik mereka dalam dimensi perilaku afektif kognitif dan sosial dan (2) Bagaimana para pendidik calon guru Bahasa Inggris memandang dimensi perilaku afektif kognitif dan sosial dari keterlibatan membaca akademik para mahasiswa calon guru Bahasa Inggris Fenomenologi digunakan untuk mencapai tujuan penelitian dengan mempergunakan wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data kualitatif dan peneliti bertindak sebagai instrumen utama penelitian. Fenomenologi dipandang sebagai metode yang paling tepat karena kemampuannya dalam menggambarkan dan menginterpretasikan pengalaman dari orang-orang yang menjadi subjek penelitian dalam fenomena keterlibatan membaca akademik materi perkuliahan konten dengan cara memunculkan pikiran dan perasaan mereka dalam upaya mendapatkan esensi dari pengalaman setiap individu. Penelitian ini dilakukan di sebuah institusi swasta pendidikan guru Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Yogyakarta Indonesia dengan melibatkan delapan (8) mahasiswa calon guru Bahasa Inggris dan tiga (3) pendidik calon guru Bahasa Inggris. Mereka dipilih dari kelas-kelas yang memenuhi kriteria berikut. Pertama kelas-kelas tersebut merupakan kelas konten yang berhubungan dengan bidang kajian Pendidikan Bahasa Inggris. Kedua kelas konten tersebut menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran. Ketiga kelas konten tersebut menggunakan banyak aktivitas membaca akademik dalam proses pembelajaran. Dari kelas-kelas konten tadi kemudian dipilih para mahasiswa calon guru Bahasa Inggris yang menunjukkan keterlibatan tinggi dan rendah selama proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru Bahasa Inggris memiliki keterlibatan membaca akademik yang memadai dalam dimensi sosial. Rancangan dari perkuliahan konten menyediakan wadah yang cukup kepada mahasiswa calon guru Bahasa Inggris untuk saling berinteraksi antar mahasiswa calon guru Bahasa Inggris dan juga dengan dosen pengampu perkuliahan konten. Akan tetapi mahasiswa calon guru Bahasa Inggris memiliki keterlibatan akademik yang terbatas dalam dimensi perilaku afektif dan kognitif. Mereka tidak membaca materi perkuliahan konten ketika tidak ada kuis atau tugas yang harus mereka lakukan pasca membaca. Tindakan membaca akademik yang mereka lakukan didorong oleh hal-hal yang bersifat ekstrinsik. Penggunaan strategi-strategi membaca dalam keterlibatan dengan materi perkuliahan konten juga tidak esktensif. Di samping itu hasil penelitian juga mengungkap bahwa pada umumnya mahasiswa calon guru Bahasa Inggris dipandang tidak memiliki keterlibatan membaca akademik baik secara perilaku maupun emosi oleh para pendidik calon guru Bahasa Inggris yang mengampu mereka. Akan tetapi mahasiswa calon guru Bahasa Inggris dipandang memiliki keterlibatan membaca akademik yang baik dalam dimensi sosial. Mereka juga dianggap memiliki cukup keterlibatan membaca akademik dalam dimensi kognitif. Ada beberapa rekomendasi yang ditujukan kepada para pendidik calon guru Bahasa Inggris dan juga peneliti lain. Para pendidik calon guru Bahasa Inggris sebagai bahasa asing disarankan untuk merancang pembelajaran yang bisa meningkatkan keterlibatan membaca akademik dari para mahasiswa calon guru yang diampunya dengan cara mengintegrasikan kegiatan-kegiatan pasca membaca yang diberi bobot nilai dan juga dengan meningkatkan relevansi materi perkuliahan konten dengan konteks dari para mahasiswa calon guru. Selain itu mereka juga perlu membangun relasi yang baik dengan para mahasiswa calon guru Bahasa Inggris yang mereka ampu karena ini merupakan kunci untuk melibatkan mereka secara penuh dalam kegiatan membaca akademik. Para peneliti lain disarankan untuk menyelidiki kaitan antara keterlibatan membaca akademik dengan prestasi akademik mahasiswa calon guru Bahasa Inggris. Mereka juga disarankan untuk melakukan lebih banyak eksplorasi mengenai keterlibatan membaca akademik dalam dimensi kognitif terutama untuk menyingkap proses internal yang terjadi dalam pikiran mahasiswa calon guru Bahasa Inggris. Lingkup penelitian juga bisa diperluas keluar dari kelas guna memperoleh gambaran yang lebih komprehensif tentang fenomena keterlibatan membaca akademik ini. Akhirnya peneliti lain didorong untuk melakukan pengembangan alat ukur keterlibatan membaca akademik dari para mahasiswa supaya dapat membantu para pendidik calon guru atau dosen secara umum yang mengampu mata kuliah konten agar dapat membuat keputusan pedagogis yang tepat untuk mata kuliah konten yang mereka ampu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263333

Actions (login required)

View Item View Item