University teachers' and students' preferences on the types of written corrective feedback / Khalil Jahbel - Repositori Universitas Negeri Malang

University teachers' and students' preferences on the types of written corrective feedback / Khalil Jahbel

Jahbel, Khalil (2020) University teachers' and students' preferences on the types of written corrective feedback / Khalil Jahbel. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Studi ini dirancang untuk meneliti preferensi dan praktek umpan balik dosen dalam kelas EFL dan preferensi serta strategi mahasiswa dalam menghadapi umpan balik dosen pada konteks Indonesia. Tujuan utama studi ini adalah untuk meneliti preferensi dosen dan mahasiswa terhadap jenis-jenis Umpan Balik Korektif Tertulis dan untuk mengetahui jenis umpan balik yang paling banyak dipilih oleh dosen dan mahasiswa. Tujuan kedua adalah untuk mengaitkan Umpan Balik Korektif Tertulis yang dipraktekkan dosen dengan preferensi mahasiswa dalam pembelajaran menulis. Tujuan ketiga adalah untuk mengidentifikasi alasan-alasan terjadinya kesesuaian atau ketidak-sesuaian antara preferensi dan praktek dosen dengan preferensi mahasiswa. Dalam analisa data frekwensi persentase nilai rata-rata dan standar deviasi dihitung kemudian Uji-T digunakan untuk melihat apakah ada kesesuaian antara praktek dari dosen dengan preferensi mahasiswa. Ada enam jenis umpan balik yang dipilih 1) Umpan Balik Korektif tidak langsung 2) Umpan Balik Korektif langsung 3) Umpan Balik Korektif terpusat 4) Umpan Balik Korektif tidak terpusat 5) Umpan Balik Korektif Isi dan 6) Umpan Balik Korektif berkaitan dengan bentuk bahasa. Sampel penelitian terdiri dari 455 mahasiswa S1 yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di sejumlah universitas di Indonesia dan 65 dosen MK Writing. Namun hanya 10 universitas yang dipilih menjadi target penelitian. Data dikumpulkan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan dua kuesioner masing-masing untuk dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jenis umpan balik dipilih oleh dosen dan mahasiswa. Dosen memilih umpan balik tertulis sebagai faktor yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dosen menilai umpan balik langsung dan tidak langsung bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengetahui kesalahan yang mereka lakukan dalam menulis. Selain itu Umpan Balik Isi dan Umpan Balik terpusat merupakan jenis umpan balik yang paling banyak dipilih dosen. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa menghendaki adanya umpan balik dari dosennya karena dosen merupakan sumber ilmu yang terbaik dan umpan balik dari dosen dinilai sebagai faktor yang sangat berguna dalam meningkatkan ketrampilan menulis mahasiswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa jenis umpan balik yang paling banyak dipilih mahasiswa adalah Umpan Balik langsung Umpan Balik tidak terpusat dan Umpat Balik yang berkaitan dengan bentuk bahasa. Berkaitan dengan waktu kapan umpan balik diberikan baik dosen maupun mahasiswa menghendaki agar umpan balik diberikan secara segera. Beberapa rekomendasi yang dapat diberikan bagi penelitian di masa yang akan datang dalam bidang penulisan bahasa kedua dan bagi yang berminat dengan umpan balik korektif secara tertulis adalah sebagai berikut. Pertama karena studi ini dilakukan dalam waktu yang pendek maka penelitian ini dapat direplikasi dengan jangka waktu yang lebih panjang dengan jumlah partisipan yang lebih banyak Studi ini dilaksanakan pada mahasiswa S1 maka penelitian lanjut bisa dilaksanakan dengan mahasiswa pasca sarjana dengan konteks yang sama atau dengan konteks yang berbeda. Untuk menghindari kebingungan mahasiswa dan untuk mengurangi kebingungan tersebut dosen direkomendasikan untuk menggunakan berbagai jenis dan tehnik umpan balik yang sesuai dengan level mahasiswa. Selanjutnya untuk membantu dosen pengasuh MK menulis lebih memahami tentang berbagai jenis umpan balik korektif maka dosen yang berpengalaman perlu mendesian buku acuan yang menjelaskan tentang berbagai umpan balik korektif serta tehnik-tehnik yang dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263332

Actions (login required)

View Item View Item