Model pembelajaran menulis puisi berbasis konstruktivistik bermuatan dolabololo untuk siswa sma / SARMINA ATI S.PD.M.PD - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran menulis puisi berbasis konstruktivistik bermuatan dolabololo untuk siswa sma / SARMINA ATI S.PD.M.PD

Ati, Sarmina (2021) Model pembelajaran menulis puisi berbasis konstruktivistik bermuatan dolabololo untuk siswa sma / SARMINA ATI S.PD.M.PD. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dolabololo merupakan sastra lisan Ternate yang biasanya digunakan oleh masyarakat Ternate dalam berkomunikasi untuk menyampaikan atau mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada orang lain dalam bentuk peribahasa atau ungkapan tradisional. Umumnya dolabololo disampaikan melalui percakapan di mana saja dan kapan saja. Dolabololo diyakini mengandung nilai dalam memberi andil membangun watak/karakter masyarakat Ternate di masa lalu. Sastra lisan dolabololo mengandung banyak ajaran serta nilai maupun norma ndash norma kehidupan yang biasanya disebut dengan adat se atoran dalam bahasa Ternate. Bentuk kebahasaan serta nilai yang terdapat dalam dolabololo dapat dimanfaatkan sebagai muatan dalam pembelajaran menulis puisi. Bentuk dari kebahasaan dolabololo pada umumnya adalah singkat terdiri dari satu sampai tiga larik saja. Bunyi serta kata yang muncul dalam larik tersebut dapat dimanfaatkan siswa dalam membangun imajinasi untuk menciptakan diksi yang tepat dalam sebuah untaian puisi. Selanjutnya nilai serta ajaran yang terkandung di dalam dolabololo tersebut dapat dimanfaatkan menjadi dasar siswa dalam menentukan ataupun menciptakan tema serta judul puisi. Model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo dalam penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme sebagai basis dalam mengembangan model pengembangan tersebut. Pendekatan pembelajaran konstruktivistik adalah pembelajaran yang menekankan peran aktif siswa dalam membangun pemahaman dan memberi makna terhadap informasi atau peristiwa yang dialami. Pendekatan konstruktivistik mengarahkan agar siswa belajar membangun pengetahuan mereka manakala mereka berupaya untuk memahami lingkungan sekitar. Dengan demikian dalam paradigma pembelajaran ini belajar akan berlangsung lebih efektif jika siswa berhubungan langsung dengan objek yang sedang dipelajari yang ada di sekitar lingkungan mereka dan yang mereka temui dalam berinteraksi sehari-hari seperti dolabololo. Dolabololo sebagai pengetahuan awal yang dimiliki oleh siswa kemudian dikonstruksikan menjadi pengeatahuan baru oleh siswa dengan bimbingan dan arahan guru sebagai fasilitator. Peneltian dan pengembangan ini bertujuan (1) Menghasilkan prototipe model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo yang mencakup sintak/langkah pembelajaran sistem sosial prinsip reaksi dampak instruksional dan pengiring serta perangkat pendukung pembelajaran (2) Menghasilkan model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo yang yang telah diuji dan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Penelitian ini didesain dengan penelitian dan pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi model ADDIE. Langkah-langkah model ADDIE tercermin sebagimana singkatan namanya yaitu A analysis (analisis) D design (perencanaan) D developmen (pengembangan) I implementation (penerapan/pelaksanaan) dan E evaluation (evaluasi). Tahap analisis merupakan kegiatan mengidentifikasi persoalan kebutuhan potensi dan kondisi. Tahap perencanaan adalah tahap perumusan tujuan pembelajaran berdasarkan hasil analisis pemilihan topik pelajaran pemilihan media dan sumber serta pemilihan strategi pembelajaran. Tahap pengembangan merupakan tahap mengembangkan draf desain model dan perangkat pembelajaran lainnya. Selanjutnya tahap implementasi merupakan tahap melaksanakan pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Langkah evaluasi adalah menilai program pembelajaran dan melakukan perbaikan. Data dalam penelitian ini terdiri dua jenis data yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari respon dan saran perbaikan dari pakar guru dan siswa sebagai pengguna. Data kuantitatif adalah berupa skor dari hasil penilaian skala nilai dari para ahli dalam uji kevalidan kepraktisan dan skor tes kemampuan menulis puisi siswa yang diperoleh dari hasil penerapan produk. Penelitian dan pemngembangan ini menghasilkan produk model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo. Model pembelajaran menulis puisi berbasis dolabololo terdiri atas komponen-komponen sintak pembelajaran menulis puisi berbasis dolabololo terdiri atas langkah-langkah-langkah yaitu (1) orentasi siswa pada puisi dan dolabololo (2) jelajahi puisi dalam dolabololo (3) eksplorasi dan kreasi dolabololo dalam sebuah puisi (4) komunikasi atau melisankan dolabololo dan presentase hasil karya dan (5) evaluasi. Sistem sosial dalam model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo yaitu peran guru sebagai fasilitator sekaligus instruktur dalam membangun pengetahuan awal tentang dolabololo dan membimbing siswa dalam mengekpolasi serta mengkreasikan dolabololo menjadi sebuah karya puisi. Pembelajaran berpusat pada siswa yang bersama-sama membangun atau menciptakan kembali pengalaman mereka tentang dolabololo dan menghubungkannya menjadi pengetahuan baru yaitu menciptakan puisi berbasis dolabololo. Dampak instuksional dan dampak pengiring dalam model pembelajaran menulis puisi berbasis dolabololo adalah ketercapaian kompetensi dasar dalam pembelejaran menulis puisi. Sedangkan dampak pengiringnya adalah kemampuan siswa dalam menerima dan memberikan saran dengan baik bertanggung jawab bekerja sama kedisiplinan serta siswa lebih mengenal dan menghargai budaya bangsa. Perangkat pendukung dalam model pembelajaran menulis puisi berbasis dolabololo yaitu adalah lembar Kerja Siswa (LKS) yang menyajikan tekhnik atau cara menulis puisi dengan memanfaatkan dolabololo perangkat pendukung berikutnya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan sebagai pedoman atau rancangan dalam melaksananakan pembelajaran menulis puisi dikelas dengan menerapkan model pemeblajaran menulis puisi berbasis dolabololo. Kualitas model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo mencakup aspek valid praktis dan efektif. kevalidan model pembelajaran menulis puisi berbasis dolabololo berdasarkan penilaian ahli yaitu (1) sintak sistem sosial prinsip reaksi dampak instruksional dan dampak pengiring telah mencapai kriteria sangat valid dengan persentase kevalidan sebesar 84% (2) perangkat pembelajaran berupa LKS mencapai kriteria sangat valid dengan presentase dengan presentase kevalidan 83% dan RPP juga telah mencapai kriteria sangat valid dengan presentase 84 61%. Kepraktisan model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo pada tahap implementasi produk berdasarkan (1) penilaian dari guru telah mencapai ktiteria sangat praktis dengan presentase kepraktisan sebesar 88 33% (2) penilaian dari siswa telah mencapai kriteria sangat praktis dengan presentase kepraktisan sebesar 87 33%. Keefektifan model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo berdasarkan hasil tes menulis puisi atau karya puisi siswa telah memenuhi kriteria keefektifan dengan presentase 78 12% pada tahap implementasi produk. Sejalan dengan hasil pnelitian yang telah dipaparkan produk model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo direkomendasikan untuk dimanfaatkan oleh pihak guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan pemangkau kebijakan pendidikan. Guru mata pelajaran bahasa Indonesia dapat memanfaatkan model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo ini dalam pembelajaran menulis puisi. Para pemangku kebijakan pendidikan di sekolah menengah juga memanfaatkan model pembelajaran menulis puisi bermuatan dolabololo dalam mensoialisasikan dan menjadikan model rujukan dalam pembelajaran menulis puisi di sekolah-sekolah lain yang berada di wilayah Maluku Uatara dengan menyesuaikan pada kondisi sekolah baik kurikulum guru maupun karaktersitik siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263307

Actions (login required)

View Item View Item