Suksesi pengelolaan usaha batik dalam perspektif pendidikan ekonomi (studi kasus pada usaha batik Pekalongan) / Kusumantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Suksesi pengelolaan usaha batik dalam perspektif pendidikan ekonomi (studi kasus pada usaha batik Pekalongan) / Kusumantoro

Kusumantoro (2020) Suksesi pengelolaan usaha batik dalam perspektif pendidikan ekonomi (studi kasus pada usaha batik Pekalongan) / Kusumantoro. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk meningkatkan keberhasilan dalam suksesi usaha maka orang tua perlu mempersiapkan generasi penerusnya dengan cara membekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan. Suksesi pada usaha produksi batik membutuhkan waktu yang panjang. Peran pendidikan ekonomi dalam suksesi sangat penting. Pola perilaku anak dalam kehidupan sehari hari merupakan hasil dari pendidikan ekonomi yang dilakukan oleh orang tuanya. Keberhasilan orang tua dalam mengajarkan pendidikan ekonomi kepada anak dapat dilihat dari perilaku anak yang rasional. Pendidikan ekonomi diajarkan melalui keteladanan orang tua dalam kedisiplinan produktifitas kreativitas dan moral ekonomi. Penelitian ini dilakukan di sentra usaha produksi batik pekalongan yaitu di kecamatan Wiradesa dan kecamatan Tirto. Pendekatan dalam penilitan ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk menggali informasi yang lebih akurat pada makna suksesi perencanaan suksesi dan proses suksesi serta keberhasilan suksesi yang ditinjau dari perspektif pendidikan ekonomi. Tehnik pengambilan data adalah dengan menggunakan observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan menggunakan empat kriteria yaitu uji derajat kepercayaan keteralihan kebergantungan dan kepastian. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa orang tua biasanya memperkenalkan usaha kepada anak sejak dini. Mereka melibatkan anak anaknya dalam usahanya agar anak-anaknya tumbuh rasa memiliki pada usaha orang tua. Melibatkan anak sejak dini juga bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada anak untuk mengelola usaha mengenai perencanaan produksi dan pemasaran. Peran pendidikan ekonomi dalam makna suksesi yaitu bahwa dengan mengajarkan keteladanan dan keterbukaan telah menjadikan anak memahami makna suksesi. Pelibatan anak dalam kegiatan rumah tangga dapat digunakan sebagai instrumen untuk menilai keseriusan anak dalam menjalankan tugas. Pendidikan tentang kreativitas telah menjadikan anak terbiasa mengatasi dan memecahkan masalahnya sendiri. Keberhasilan pendidikan ekonomi dalam keluarga adalah keteladanan orang tua. Untuk mendidik perilaku ekonomi yang rasional kepada anak maka orang tua tidak hanya mengajarkan tentang perilaku ekonomi yang berkaitan dengan untung rugi namun orang tua juga mengajarkan tentang perilaku sosial kemasyarakatan. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kepekaan sosial pada anak jika kelak sudah mewarisi usaha orang tuanya. Pendidikan tentang perilaku ini dilakukan oleh orang tua dengan memberikan nasehat dan juga contoh dalam perilaku sehari-hari. Maka ukuran keberhasilan suksesi pengelolaan usaha batik kepada anak tidak hanya keberhasilan dalam menjalankan usaha namun juga keberhasilan orang tua dalam mendidik anak untuk berperilaku ekonomi yang rasional dan berperilaku sosial yang baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S3 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263306

Actions (login required)

View Item View Item