Pendidikan ideal dalam perspektif masyarakat (studi multisitus pendidikan informal di SDIT Al-Uswah Pamekasan dan SDI Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Pamekasan) / Nurul Hidajati Rachmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan ideal dalam perspektif masyarakat (studi multisitus pendidikan informal di SDIT Al-Uswah Pamekasan dan SDI Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Pamekasan) / Nurul Hidajati Rachmad

Rachmad, Nurul Hidajati (2021) Pendidikan ideal dalam perspektif masyarakat (studi multisitus pendidikan informal di SDIT Al-Uswah Pamekasan dan SDI Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Pamekasan) / Nurul Hidajati Rachmad. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Krisis identitas dan moralitas mulai melanda masyarakat di abad 21. Budaya ketimuran adat istiadat nilai-nilai karakter keteladanan dan akhlakul karimah sudah mulai luntur dikalangan generasi muda. Generasi milenial yang jauh dari karakter keislaman menjadi permasalah baru di dunia pendidikan. Pendidikan informal menjadi embrio pendidikan ideal di masyarakat. Munculnya pendidikan umum berbasis agama menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan ideal. Penelitian tentang pendidikan ideal dalam perspektif masyarakat memiliki tujuan untuk menganalisis (1) perspektif masyarakat terhadap pendidikan informal pada pendidikan ideal (2) peran pemimpin dalam proses pendidikan informal pada pendidikan ideal (3) perubahan perspektif masyarakat terhadap pendidikan informal pada pendidikan ideal dan (4) fungsi pendidikan informal dalam implementasi pendidikan ideal dan perspektif masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian multisitus yakni situs I di SDIT Al-Uswah Pamekasan dan situs II di SDI Pondok Pesantren Al-Mujtama rsquo Pamekasan. Kehadiran peneliti sebagai key instrument di tempat penelitian data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam observasi partisipan dan studi dokumen. Teknik wawancara mendalam dengan subjek penelitian wali murid fasilitator stakeholder ustaz ustazah dan Nyai. Teknik observasi partisipan dengan mengamati keseharian peserta didik dan santri. Teknik studi dokumen melalui pengumpulan dokumen penting yang mendukung penelitian. Subjek penelitian ditentukan dengan snowball sampling. Analisis data menggunakan data lapangan yang direduksi dan diinterpretasikan hingga data jenuh kemudian ditafsirkan kembali untuk disimpulkan. Hasil penelitian ini meliputi (1) perspektif masyarakat terhadap pendidikan informal pada pendidikan ideal di SDIT Al-Uswah Pamekasan dan SDI Pondok Pesantren Al-Mujtama rsquo Pamekasan memberikan gambaran bahwa masyarakat menginginkan adanya pendidikan yang memberikan kebebasan anak untuk belajar lingkungan yang kondusif budaya kreativitas kecerdasan interpersonal budi pekerti yang sesuai dengan Al-Qur rsquo an dan hadis dan terciptanya layanan pendidikan ramah anak (2) peran pemimpin dalam proses pendidikan informal sebagai opinion leader yang bertujuan sebagai jaringan komunikasi dakwah sebagai da rsquo i sebagai teladan di masyarakat dan semakin terbuka dengan perubahan zaman sehingga dominasi peningkatan sumber daya manusia mulai merata pada fasilitator/ustaz/ustazah (3) perubahan perspektif masyarakat terhadap pendidikan informal dengan terwujudnya sistem pendidikan yang mengadopsi teknologi sebagai problem solving di masyarakat dan anak memiliki kebebasan dalam berpendapat serta terbukanya alternative pendidikan yang berbasis agama di luar pondok pesantren yang menawarkan program pendidikan berbasis Al-Qur rsquo an dan hadis (4) fungsi pendidikan informal dalam implementasi pendidikan ideal dan perspektif masyarakat sebagai hasil kerja sama orang tua dan lembaga untuk mewujudkan tata kelola pembelajaran yang akuntabilitas transparansi dan berpedoman pada nilai-nilai agama serta terjalin simbiosis mutualisme antara lembaga pendidikan dengan pengguna pendidikan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini maka dapat disarankan (1) lembaga pendidikan mulai mempersiapkan pendidikan yang ramah anak sehingga menawarkan pendidikan alternatif untuk pengguna pendidikan (orang tua) (2) pendidik disarankan lebih mengedepankan pembelajaran informal untuk mewadahi aktivitas anak saat belajar di alam di masyarakat dan di lingkungan sekitar (3) pengambil kebijakan dalam memberikan keputusan diharapkan menjaring aspirasi yang sifatnya bottom-up agar pendidikan informal tidak dipandang sebelah mata (4) yayasan lebih terbuka dengan perubahan zaman yang semakin digital dan menawarkan perubahan yang cepat dalam perkembangan pendidikan ideal dan (5) pengguna pendidikan dan lembaga pendidikan diharapkan terjalin simbiosis mutualisme program

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S3 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263298

Actions (login required)

View Item View Item