Implementasi kebijakan dan program peningkatan kinerja dosen di Madura studi multi kasus UTM Bangkalan, IAIN Madura Pamekasan, UNIJA Sumenep / Zainuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kebijakan dan program peningkatan kinerja dosen di Madura studi multi kasus UTM Bangkalan, IAIN Madura Pamekasan, UNIJA Sumenep / Zainuddin

Zainuddin (2020) Implementasi kebijakan dan program peningkatan kinerja dosen di Madura studi multi kasus UTM Bangkalan, IAIN Madura Pamekasan, UNIJA Sumenep / Zainuddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian mengenai realisasi kebijakan dan program peningkatan kinerja dosen di Madura ini merupakan respon dari perkembangan capaian kinerja dosen di bidang tridharma (pendidikan dan pengajaran penelitian dan pengabdian dosen pada masyarakat) dan kualifikasi maksimal pendidikan dosen sebagaiman yang telah di instruksikan pemerintah untuk terus meningkatkan kompetensinya sebagai mitra dari lembaga yang melahirkan pengetahuan-pengetahuan baru dalam setiap perkembangannya. Untuk meningkatkan kinerja dosen membutuhkan realisasi kebijakan dan program perguruan tinggi yang tepat sesuai dengan peta capaian misi perguruan tinggi. Rumusan pada penelitian ini tentang bertujuan untuk mendiskripsikan potret realisasi kebijakan dan program perguruan tinggi dalam meningkatkan kinerja dosen pada bidang tugas tridharma sebagai cermin kualitas perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studil multi kasus. Peneliti hadir sebagai intrumen dalam dengan menggunakan alat bantu rekam data melalui smartphone dan lembar kisi-kisi pertayaan sebagai media dalam mengikuti dan megumpulkan data sesuai dengan fokus pada bidang kebijakan dan program peningkatan kinerja dosen di perguruan tinggi Madura. Lokasi penelitian adalah di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN) dan Universitas Wiraraja Sumenep (UNIJA). Prosedur pengumpulan data melalui wawancara mendalam pada 34 informan (Rektor Dekan dan Dosen) pada tiga kasus melakukan partisipan observasi dalam kontek pengambilan data pada kegiatan realisasi kebijakan dan program melaksanakan dokumentasi kegiatan dan arsip yang berkaitan dengan fokus penelitia. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data individual pada kasus I kemudian dilanjutkan pada kasus II dan III dan melaksanakan analisis data lintas kasus. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas data transferabilitas dependibilitas dan konfirmabilitas. Hasil temuan penelitian menujukkan bahwa kebijakan dan program peningkatan kinerja dosen terealisasi dengan katogori kebijakan meliputi kebijakan prosedural kebijakan patronase kebijakan distributif dan kebijakan regulatory dengan dipengaruhi variable implementasi kebijakan yaitu komukasi atau sosilisasi akademik yang melibatkan dengan semua unsur akademik melaksanakan standar birokrasi kinerja akademik dosen (pendidikan dan pengajaran penelitian dan pengabdian dosen pada masyarakat) memperkuat pengembangan wawasan dan kompetensi dosen melalui kegiatan pelatihan monitoring dan sumber pendanaan memfasilitasi forum dan media ilmiah dosen termasuk insentif pencapaian kinerja dosen Merujuk pada temuan penelitian yang dikemukakan dapat dijadikan sebagai roadmap perguruan tinggi dalam memaksimalkan kinerja dosen melalui tahapan kebijakan dan program internal perguruan tinggi yang berorientasi pada peningkatan kompetensi dosen dan berdampak pada capaian mutu meningkatnya kualitas kualifikasi pendidikan dosen kualitas pembelajaran dosen kualifikasi jabatan fungsional dosen dan meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian dosen pada masyarakat. Dari temuan penelitian yang dikemukakan maka perlu perguruan tinggi dengan otoritas kewenangannya melalui kebijakan dan program mampu meningkatkan kinerja dosen dengan memberikan perhatian pada peningkatan kompetensi dosen melalui sistem birokrasi yang fleksibel memfasilitasi kebutuhan pengembangan kompetensi dosen dan dengan sumber pendanaan yang cukup yang diarahkan pada pningkatan kompetensi dosen

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263296

Actions (login required)

View Item View Item