Dewi, Vina Ariesta (2021) Implementasi continous quality improvement pada program studi pendidikan dokter (studi multi kasus pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan Universitas Lambung Mangkurat) / Vina Ariesta Dewi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Vina Ariesta. 2021. Implementasi Continuous Quality Improvement Program Studi Pendidikan Dokter (Studi Multi Kasus pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Universitas Brawaijaya Universitas Lambung Mangkurat). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ali Imron M. Pd M.Si (2) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd dan (3) Prof. Dr. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci continuous quality improvement peningkatan mutu berkelanjutan penjaminan mutu Istilah Continuous Quality Improvement bermakna penting yakni peningkatan mutu secara berkelanjutan. Pendidikan dokter merupakan salah satu institusi pendidikan yang sangat mengutamakan penjaminan mutu dengan dasar pemikiran bahwa sebuah lembaga pendidikan kedokteran diharapkan mencapai target optimal penjaminan mutu kualitas lulusan yang akan menjadi dokter dan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal di masyarakat. Oleh karena itu pentingnya dilakukan penelitian lebih dalam pada program studi pendidikan dokter mengenai implementasi peningkatan mutu yang berkelanjutan). Peningkatan mutu berkelanjutan (Continuous Quality Improvement) adalah sebuah siklus proses terstruktur untuk memperbaiki sistem dan proses kerja dalam suatu organisasi atau kegiatan. Siklus ini mencakup identifikasi area yang berpeluang untuk perbaikan mendefinisikan masalah dalam area tersebut menguraikan urutan kegiatan (proses) yang terjadi di area tersebut menetapkan hasil yang diinginkan dari proses dan persyaratan yang dibutuhkan untuk mencapainya memilih langkah-langkah spesifik dalam proses belajar mengumpulkan dan menganalisis data tentang proses tindakan perbaikan dan pemantauan hasil tindakan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan makna Proses Implementasi CQI (Continuous Quality Improvement) yang telah dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Dokter untuk menganalisis dan memberikan makna Aspek Substantif Implementasi Program CQI (Continuous Quality Improvement) yang telah dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Dokter untuk menganalisis dan memberikan makna Strategi yang diterapkan dalam rangka Implementasi Continuous Quality Improvement pada Program Studi Pendidikan Dokter untuk menganalisis dan memberikan makna Fasilitas dan Infrastruktur Pendukung CQI (Continuous Quality Improvement) yang dimiliki oleh masing ndash masing Program Studi Pendidikan Dokter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi multi kasus yang dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK Universitas Airlangga (UNAIR) FK Univeristas Brawijaya (UB) FK Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Penetapan ketiga kasus penelitian tersebut tentunya dengan didasari bahwa memang benar adanya dilaksanakan Implementasi Continuous Quality Improvement (CQI) pada ketiga PSPD tersebut. Hal ini dapat dibuktikan dan dapat dipertanggungjawabkan dengan Preliminary Study yang telah peneliti laksanakan. Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data didapatkan hasil sebagai berikut Pertama pada fokus proses implementasi CQI (Continuous Quality Improvement) yang telah dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) yang menjadi kasus penelitian diketahui bahwa (a) Penjaminan mutu berkelanjutan dimulai dengan merumuskan visi misi dan tujuan mulai dari universitas fakultas sampai pada tingkat program studi yang berisikan nilai-nilai dasar keunggulan yang selanjutnya disosialisasikan kepada semua pemangku kepentingan (b) Membangun komitmen yang kuat pada semua pengelola program hingga dosen tenaga kependidikan mahasiswa dan masyarakat yang merupakan bagian dari program studi (c) Analisis kebutuhan keunggulan dan betuhan masyarakat tentang kualitas lulusan harus dilakukan berbasis data real time (d) Efektivitas CQI ditunjang dan memberi pengaruh kuat apabila dilakukan dengan membentuk unit-unit penjaminan mutu sampai tingkat program studi. Kedua dilihat dari aspek substansi program CQI dapat dikemukakan bahwa International Recognition School Review Benchmarking Quality Assurance Quality Control merupakan salah satu substansi yang harus ditumbuhkembangkan oleh program studi dalam melaksanakan CQI agar dapat mencapai hasil yang optimal. Pembentukan tim unit penjaminan mutu sistem manajemen mutu terintegrasi dan pemenuhan standar melebih standar nasional merupakan aktvitas dan kebijakan strategis dalam melaksanakan proses penjaminan mutu. Ketiga dilihat dari aspek strategi yang diterapkan dalam rangka Implementasi CQI (Continuous Quality Improvement) dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut Nilai dasar profesional unggul berdaya saing komitmen bersama berkarakter dan entrepreneur merupakan nilai-nilai yang disepakati oleh semua orang dan mengintegrasikannya dalam proses pelaksanaan kegiatan sehingga siapapun dan apapun yang dilakukannya di lingkungan program studi mengintegrasikan nilai-nilai dasar tersebut secara optimal. Keempat berdasarkan perspektif fasilitas dan infrastruktur pendukung CQI (Continuous Quality Improvement) dari temuan penelitian dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut Pengadaan pengembangan dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana dilakukan sesuai standar mutu yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan keunggulan dan kepuasan layanan yang dapat mendukung percepatan mutu pendidikan di program pendidikan dokter. Berdasarkan hasil analisis temuan dan kesimpulan dalam penelitian ini maka disarankan kepada (1)Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi hasil penelitian dapat menjadi salah satu bahan informasi akademik untuk bahan pertimbangan dalam merumuskan formulasi kebijakan dalam konteks proses penjaminan mutu pendidikan tinggi khususnya penjaminan mutu pendidikan dokter (2) Rektor Perguruan Tinggi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan dan evaluasi terkait implementasi penjaminan mutu di perguruan tinggi dalam empat aspek yaitu proses substansi strategi dan fasilitas pendukung. Hal ini disarankan karena dalam penelitian ini ditemukan bahwa keberadaan unit jaminan mutu sangat strategis sebagai ujung tombak dalam implementasi countinous quality improvement di perguruan tinggi (3) Rektor Perguruan Tinggi Lain hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan CQI di perguruan tinggi dan program studinya karena hasil penelitian ini menggambarkan apa dan bagaimana melakukan penjaminan mutu secara berkelanjutan dan menghasilkan program studi yang unggul dan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi profesional dan berkarakter (4) Insan Akademisi khususnya pada bidang Manajemen Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi akademis dalam hal proses substansi strategi dan infrastruktur dalam pemodelan implementasi kebijakan pendidikan sistem penjaminan mutu program studi di perguruan tinggi (5) Peneliti Lain hasil penelitian ini dapat menjadi informasi awal untuk melakukan kajian yang lebih mendalam dan menemukan model penjaminan mutu berkelanjutan khususnya pada fakultas non kedoteran yang memiliki karakteristik berbeda dengan fakultas yang menghasilkan dokter.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/263289 |
Actions (login required)
View Item |