Kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam perspektif stifin genetic intelligence (studi multi situs di SMA Negeri 2, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 6 kota Madiun) / Andhika Putra Widyadharma - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam perspektif stifin genetic intelligence (studi multi situs di SMA Negeri 2, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 6 kota Madiun) / Andhika Putra Widyadharma

Widyadharma, Andhika Putra (2021) Kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam perspektif stifin genetic intelligence (studi multi situs di SMA Negeri 2, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 6 kota Madiun) / Andhika Putra Widyadharma. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widyadharma P. Andhika 2021. Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dalam Perspektif STIFIn Genetic Intelligence (Studi Multi Situs di SMA Negeri 2 SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 6 Kota Madiun). Disertasi Program Studi S3 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. Nurul Ulfatin M. Pd (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. dan (III) Dr. Achmad Supriyanto M.Pd. M.Si. Kata kunci Kepemimpinan situasional STIFIn genetic intelligence kepala sekolah Kepala sekolah merupakan komponen utama berfungsi untuk menggerakkan bawahannya. Dengan gaya kepemimpinannya kepala sekolah menjalankan roda organisasi sekolah melalui fungsi-fungsi manajemen sekolah agar dapat mencapai hasil kerja organisasi yang efektif dan efisien. Permasalahan yang terjadi pada organisasi adalah komunikasi tidak efektif yang dilakukan atasan dan bawahan maupun sesama bawahan. Meskipun seorang pemimpin telah menerapkan gaya kepemimpinan situasional masih terjadi kesalahpahaman maksud dan arah komunikasi di antara aktor organisasi tersebut. Hal ini terjadi dikarenakan belum ada kesaling-pahaman masing-masing aktor tersebut atasan kurang mengenali bawahan bawahan tidak memahami atasan. Proses ini cenderung kurang dibangun sejak awal dan masih sering dianggap sebagai pemakluman yang biasa terjadi. Teori kepemimpinan situasional yang dikenal lebih menekankan situasi/kondisi pada aspek di luar diri para aktor organisasi. Apabila dihadapkan pada kondisi yang tidak selalu sama dan sebangun maka teori ini bisa jadi gagal menjawab permasalahan akut pada suatu organisasi. Agar dapat melakukan proses komunikasi yang tepat sekaligus harapan setiap komunikan adalah hadirnya perlakuan yang sesuai dengan keinginan. Keinginan diperlakukan secara wajar adalah dorongan genetik setiap individu yang dibawa sejak dilahirkan ke dunia. Genetik tersebut merupakan keaslian potensi individu yang kelak ketika menemukan stimulan yang tepat maka ia akan merespon dan berkembang secara baik. Fokus penelitian ini (a) Gambaran karakteristik individu dari hasil tes STIFIn genetic intelligence (b) Kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam perspektif STIFIn genetic intelligence dan (c) Evaluasi kepemimpinan situasional kepala sekolah berdasarkan STIFIn genetic intelligence. Penelitian ini bertujuan untuk (a) Mendeskripsikan karkaterisitik individu dari hasil tes STIFIn genetic intelligence (b) Mendeskripsikan kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam perspektif STIFIn genetic intelligence dan (c) Mendeskripsikan evaluasi kepemimpinan situasional kepala sekolah berdasarkan STIFIn genetic intelligence. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods kualitatif dan kuatitatif dengan rancangan studi multisitus teknik analisis kualitatif menggunakan metode induksi analitik yang dimodifikasi (modified analytic induction) dan analisis deskriptif kualitatif agar memperoleh data yang lebih dalam dan lebih luas terhadap fenomena di setiap sekolah yang diteliti. Setting penelitian ini menyoroti kepemimpinan kepala satuan pendidikan formal jenjang sekolah menengah berstatus sekolah negeri di bawah Cabang Dinas Pendidikan Kota Madiun. Peneliti memilih SMA Negeri 2 SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 6 Kota Madiun dengan pertimbangan tertentu salah satunya berdasarkan kelompok sekolah maju sedang dan kurang maju di Kota Madiun. Sumber data diambil dari hasil tes STIFIn dokumen sekolah berupa profil sekolah para kepala sekolah dan para wakil kepala sekolah dan staf dari masing-masing wakil kepala sekolah di setiap situs penelitian. Instrumen penelitian menggunakan alat tes scan sidik jari STIFIn dengan bantuan aplikasi promotor yang terhubung dengan server STIFIn untuk pengolahan data input dan mengeluarkan output berupa hasil tes elektronik siap cetak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi lapangan termasuk di dalamnya proses tes sidik jari untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Analisis datanya dilakukan dengan menganalisis temuan pada situs kesatu dan ketiga untuk menemukan hasil analisis temuan sementara yang kemudian dilakukan analisis temuan sementara dengan temuan pada situs kedua guna mendapatkan temuan penelitian. Hasil temuan penelitian ini (1) konsep STIFIn memungkinkan untuk digunakan pada kelompok organisasi sekolah dengan membuka informasi masing-masing tipe genetic intelligence baik atasan.kepala sekolah dan bawahan/wakil kepala sekolah (2) kepemimpinan situasional menurut STIFIn dilakukan dengan memainkan peran sebagai sosok yang menjalankan kepemimpinan situasional di sekolah melalui fungsi manajemen (3) evaluasi kepemimpinan situasional kepala sekolah dilakukan dengan peta hubungan segilima antarmesin kecerdasan dan melalui numerisasi terhadap faktor kepemimpinan manajerial pertemanan dan pelayanan. Penelitian ini menyarankan (1) sekolah untuk menggunakan pendekatan STIFIn genetic intelligence dalam pola hubungan komunikasi dan interaksi dalam satuan pendidikan (2) Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun untuk menggunakan pendekatan genetic intelligence sebagai acuan untuk melakukan penempatan pembinaan dan pengembangan kepala sekolah di seluruh Kota Madiun (3) guru dapat menggunakan genetic intelligence untuk mendesain pembelajaran untuk mengembangkan potensi siswa (4) akademisi dan peneliti berikutnya dapat mengembangkan penelitian untuk sejenis di jenjang satuan pendidikan berbeda terutama penajaman temuan pelaksanaan peran dalam organisasi sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263285

Actions (login required)

View Item View Item