Manajemen penguatan pendidikan karakter pada sekolah yang menerapkan full day school studi multi kasus pada SD Negeri Punten 01, SD Muhammadiyah 04, dan SD Katolik Sang Timur Kota Batu / Abdul Rais - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen penguatan pendidikan karakter pada sekolah yang menerapkan full day school studi multi kasus pada SD Negeri Punten 01, SD Muhammadiyah 04, dan SD Katolik Sang Timur Kota Batu / Abdul Rais

Rais, Abdul (2021) Manajemen penguatan pendidikan karakter pada sekolah yang menerapkan full day school studi multi kasus pada SD Negeri Punten 01, SD Muhammadiyah 04, dan SD Katolik Sang Timur Kota Batu / Abdul Rais. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Abdul Rais. 2021. Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah yang Menerapkan ldquo Full Day School rdquo Study Multi Kasus pada SD Negeri Punten 01 SD Muhammadiyah 04 Dan SDK Sang Timur Kota Batu. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M.Pd. (III) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata Kunci pendidikan karakter penguatan pendidikan karakter SD nilai karakter full day school Indonesia saat ini mengalami yang disebut krisis multi dimensi setiap hari berbagai peristiwa yang mencerminkan penurunan kualitas moral terjadi pada semua jenjang pendidikan. Seperti perilaku tidak sopan perundungan seks bebas perkelahian remaja dan tindakan kurang bermoral lainnya. Dalam konteks ini diperlukan pendidikan karakter yang mampu mengembangkan kepribadian yang sehat dengan nalar sikap dan perilaku bermoral yang kemudian disebut sebagai penguatan pendidikan karakter (PPK). Demi mewujudkan hal tersebut maka PPK perlu dilaksanakan melalui manajemen sekolah yang efektif meliputi manajemen penentuan nilai-nilai karakter utama kelas budaya sekolah dan peran orang tua dan masyarakat. Kota Batu telah turut berpartisipasi dalam pelaksanaan PPK dengan menerapkannya di seluruh jenjang pendidikan. Pada tingkat sekolah dasar (SD) salah satu model pelaksanaan PPK di Kota Batu dengan menerapkan full day school yang pada awalnya dilaksanakan pada beberapa sekolah saja. Karena itu perlu aktivitas manajemen yang efektif untuk dilaksanakan dalam full day school demi memperkuat PPK sehingga dapat mewujudkan untuk menciptakan manusia yang pandai dan berkarakter baik. Penelitian ini difokuskan pada empat hal yang terdiri dari (1) penetapan nilai-nilai karakter utama (2) aktivitas manajemen kelas untuk memperkuat PPK (3) aktivitas manajemen budaya sekolah untuk memperkuat PPK dan (4) aktivitas manajemen peran orang tua dan masyarakat untuk memperkuat PPK. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus dengan metode komparatif konstan (the constant comparative method). Penelitian ini dilakukan di tiga SD di Kota Batu yakni SDN Punten 01 SD Muhammadiyah 04 dan SDK Sang Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap yaitu analisis data kasus individu (individual cases) dan analisis data lintas kasus (cross-case analysis). Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan uji keabsahan data yang terdiri dari derajat kepercayaan (credibility) keteralihan (transferability) dan kepastian (confirmability). Temuan-temuan yang diperoleh sebagai hasil penelitian ini meliputi (1) penetapan nilai-nilai karakter utama didasarkan pada pedoman pendidikan karakter Kemendikbud 2017 panduan lain sesuai ciri khas dan kearifan lokal sekolah tujuan PPK serta ciri khas dan kearifan lokal sekolah (2) aktivitas manajemen kelas untuk memperkuat PPK dengan integrasi kurikulum persiapan kurikulum dan perangkat pembelajaran sosialisasi pelaksanaan dengan pembelajaran intrakurikuler secara tematis dan kokurikuler terpisah gerakan literasi dan bimbingan konseling pengendalian dengan penilaian akademik dan karakter (3) aktivitas manajemen budaya sekolah untuk penguatan PPK dilaksanakan dengan perencanaan melalui penentuan nilai utama PPK penyusunan jadwal sekolah dan desain KTSP pelaksanaan dengan pembiasaan dan keteladanan pengendalian dengan pengawasan penilaian pembiasaan dan kelembagaan (4) aktivitas manajemen peran orang tua dan masyarakat dalam penguatan PPK dilakukan dengan penentuan nilai utama PPK penyusunan dokumen kesepakatan dan sosialisasi pelaksanaan dengan kolaborasi bersama orangtua dan masyarakat pengendalian dengan pelaporan kegiatan serta kritik dan saran. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka peneliti menyarankan beberapa hal kepada (1) Kepala sekolah agar terus menggerakkan upaya penguatan pendidikan karakter menjadi teladan moral dengan melaksanakan seluruh nilai-nilai utama yang disepakati bersama menghidupkan suasana demokrasi sehingga ada saling timbal balik dalam upaya penguatan pendidikan karakter dan membina hubungan baik dengan seluruh stakeholder sekolah (2) Guru agar menjadi teladan moral berupaya untuk bertransisi dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa memperkaya diri dengan aneka metode dan strategi pembelajaran yang berkaitan dengan penguatan pendidikan karakter berupaya menghidupkan kelas demokratis yang melibatkan seluruh siswa dalam proses pembelajaran memasukkan nilai-nilai karakter utama dalam setiap pembelajaran dalam upaya mendukung penguatan pendidikan karakter dan membina hubungan baik serta berkolaborasi dengan orang tua dalam rangka PPK (3) Orang tua agar memberikan dukungan terhadap pelaksanaan PPK di sekolah turut melaksanakan PPK di rumah atau dimanapun bersama anak memberikan masukan positif mengenai PPK di sekolah (4) Masyarakat agar memberikan dukungan terhadap pelaksanaan PPK di sekolah memberikan masukan positif mengenai PPK menjadi agen PPK dengan menjadi tauladan terbaik bagi anak atau siswa sekolah (5) Pemerintah agar memberikan dukungan terhadap pelaksanaan PPK di sekolah yang berupa kebijakan moral dan materiil (6) Peneliti lebih lanjut agar dapat mengungkap lebih jauh mengenai aktivitas manajemen penguatan pendidikan karakter maka sebaiknya dilakukan penelitian pada sekolah-sekolah lainnya dengan ciri khas tertentu serta memperdalam mengenai masing-masing aktivitas manajemen pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263282

Actions (login required)

View Item View Item